PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI KELAS IX DI SMP NEGERI 8 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SAEFATU, Alfis J.A. (2021) PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI KELAS IX DI SMP NEGERI 8 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img]
Preview
Text
07 BAB V.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Penggunaan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas IX di SMP Negeri 8 Kupang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Kupang pada bulan Agustus 2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan mengenai penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran daring (dalam jaringan). Data penelitian diperoleh melalui wawancara bersama wali kelas yang menjadi sumber utama dari penelitian ini, kemudian wawancara bersama 5 orang peserta didik kelas IX A. Observasi berupa observasi partisipasi pasif serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru telah menggunakan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran daring. Guru melakukan kegiatan pembelajaran sama seperti saat berada di dalam kelas, yaitu pertama guru melakukan kegiatan pembuka, kemudian dilanjutkan ke kegiatan inti, dan diakhiri dengan kegiatan penutup. Dalam kegiatan pembelajaran, guru memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia pada WhatsApp seperti fitur teks dan pesan suara/voice note yang digunakan untuk saling berinteraksi, fitur foto digunakan untuk mengirim hasil pekerjaan rumah oleh peserta didik, fitur dokumen yang digunakan untuk berbagi materi pembelajaran dalam bentuk World/PDF/PPT, fitur vidio digunakan untuk membagikan vidio yang berkaitan dengan materi pembelajaran, dan fitur telepon yang digunakan guru untuk menghubungi peserta didik yang bermasalah. Dari hasil penelitian ini di sarankan agar pendidik kreatif dan terampil dalam membuat variasi pembelajaran terutama dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada WhatsApp, , pendidik harus lebih tegas terhadap peserta didik, dan membangun komunikasi yang baik dengan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, WhatsApp, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti.
Subjects: L Education > L Education (General)
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:40
Last Modified: 12 Jul 2022 01:40
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item View Item