IDENTIFIKASI ALASAN TIDAK DIMASUKANNYA MATERI PERJAMUAN KUDUS DALAM KURIKULUM PAR DI JEMAAT MIZPA TETEBUDALE

KAPITAN, Eunike (2022) IDENTIFIKASI ALASAN TIDAK DIMASUKANNYA MATERI PERJAMUAN KUDUS DALAM KURIKULUM PAR DI JEMAAT MIZPA TETEBUDALE. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img]
Preview
Text
07. BAB V.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Perjamuan Kudus adalah suatu kehadiran nyata yang ajaib dan misterius dari keseluruhan pribadi Kristus. Kristus secara fisik hadir dalam Perjamuan Kudus sehingga mereka yang makan dan minum tubuh dan darah Tuhan dengan mulut jasmani dan bukan hanya secara iman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan tidak dimasukannya materi Pejamun Kudus dalam kurikulum PAR di jemaat Mizpa Tetebudale. Populasi dalam penelitian ini adalah ketua majelis dan guru PAR metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Perjamuan Kudus tidak diberikan kepada anak PAR karena materi Perjamuan Kudus adalah materi pendewasaan iman yang sudah dipersiapkan untuk anak usia katekisasi. Sampai saat ini juga belum ada upaya dari pihak gereja untuk menanamkan pemahaman mengenai Perjamuan Kudus kepada anak PAR karena materi Perjamuan Kudus hanya diberikan kepada anak katekisasi , manfaat materi Perjamuan Kudus bagi anak usia 5-12 tahun agar anak mampu memahami apa arti pengorbanan Yesus di kayu salib, dan dapat memahami Perjamuan Kudus melalui cerita-cerita sekolah minggu yang berkaitan dengan pengorbanan Yesus. Yang diajarkan kepada anak PAR yaitu cerita-cerita Alkitab karena bahan ajar dalam kurikulum PAR hanya terdapat cerita-cerita Alkitab. Metode yang digunakan dalam PAR juga masih menggunakan metode bercerita,diskusi,drama,tanya jawab, gambar dan sharing. Sampai saat ini upaya dari guru PAR untuk membuat metode yang lebih kreatif yaitu menggunakan alat peraga dan membuat games pengantar sebelum masuk dalam inti cerita. Harapan agar kedepannya pihak gereja dalam hal ini ketua majelis dan para guru PAR dapat memasukan atau bisa menjelaskan kepada anak anak PAR mengenai Perjamuan Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Materi Perjamuan Kudus,Kurikulum PAR,Tetebudale.
Subjects: L Education > L Education (General)
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:33
Last Modified: 12 Jul 2022 01:33
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item