HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGANKINERJA GURU DI SD KATOLIK ST. PETRUS HELANGDOHI DAN SD GMIT KABAKU KECAMATAN PANTAR KABUPATEN ALOR TAHUN 2023

HIBU, Ribka Adewati (2024) HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGANKINERJA GURU DI SD KATOLIK ST. PETRUS HELANGDOHI DAN SD GMIT KABAKU KECAMATAN PANTAR KABUPATEN ALOR TAHUN 2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text
03 BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
07 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai seorang supervisor mempunyai tanggung jawab untuk peningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran di sekolah serta mempunyai peranan yang sangat penting terhadap perkembangan dan kemajuan sekolah. Oleh karena itu, kepala sekolah harus melakukan supervisi secara baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip dan teknik serta pendekatan yang tepat. Untuk mencapai tujuan sekolah dapat dilihat dari kinerja guru, karena guru memegang peran penting dalam kegiatan belajar mengajar, dimana guru harus berinteraksi langsung dengan para peserta didik. Karena guru mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan, maka guru harus memiliki kinerja yang baik. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan supervisi kepala sekolah dengan Kinerja guru di SD Katolik St. Petrus Helangdohi dan SD GMIT Kabaku, Jenis penelitian ini digolongkan dalam penelitian lapangan atau survey, dimana penelitian ini dilakukan di dalam lokasi SD Katolik St. Petrus Helangdohi dan SD GMIT Kabaku dengan mengambil data-data mengenai supervisi kepala sekolah dan kinerja guru. Dilihat dari sifatnya, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menggambarkan kondisi nyata dilapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Berdasarkan hasil uji Hipotesis menggunakan perhitungan Korelasi Product Moment menunjukan bahwa nilai r hitung 0,790 lebih besar dari r table pada taraf signifikan 5% yaitu 0,514 (0,790 > 0,514). Dan hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 62%. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru adalah sebesar 62%. Sedangkan sisanya 38% (100%-62%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Oleh karena itu penulis menyimpulkan bahwa ada Hubungan yang sangat kuat antara Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SD Katolik St. Petrus Helangdohi dan SD GMIT Kabaku Kecamatan Pantar Kabupaten Alor Tahun 2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:49
Last Modified: 06 Jun 2024 04:49
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3704

Actions (login required)

View Item View Item