MENINGKATKAN KEAKTIFAN POLA GERAK DASAR SISWA KELAS III MELALUI METODE TEAM GAMES TOURNAMENT DI SDK TUABATAN

TENIS, Marianus (2023) MENINGKATKAN KEAKTIFAN POLA GERAK DASAR SISWA KELAS III MELALUI METODE TEAM GAMES TOURNAMENT DI SDK TUABATAN. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (468kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Latar belakang: Metode TGT (Team Games Tournament) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan seluruh aktivitas siswa tanpa ada perbedaan status sosial, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur belajar dengan bermain. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui keaktifan pola gerak dasar siswa kelas III melalui metode team games tournament di SDK Tuabatan. Metode penelitian: Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan empat komponen pokok yaitu: a) perencanaan atau planning, b) tindakan atau acting, c) pengamatan atau observing, d) refleksi atau reflection. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil dan pembahasan: Hasil rekapitulasi pada siklus I diperoleh 13 orang siswa berkriteria Tidak Tuntas. Hasil pelaksanaan tes pada siklus II, diperoleh aspek lokomotor maka diperoleh 100% (13 orang siswa) yang berkriteria Tuntas, aspek non lokomotor maka diperoleh 84,6% (11 orang siswa) yang berkriteria Tuntas dan 15, 4% (2 orang siswa) berkriteria Tidak Tuntas dan pada aspek manipulasi maka diperoleh 77% (10 orang siswa) yang berkriteria Tuntas dan 23% (3 orang siswa) berkriteria Tidak Tuntas dengan tidak mencapai 75%. Simpulan: Hasil rekapitulasi pada siklus I diperoleh 13 orang siswa berkriteria Tidak Tuntas. Hasil rekapitulasi pada siklus II diperoleh 84,6% (11 orang siswa) berkriteria Tuntas dan 15, 4% (2 orang berkriteria Tidak Tuntas). Oleh sebab itu, penggunaan metode team games tournament telah berhasil untuk meningkatkan keaktifan pola gerak siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan pola gerak dasar, metode team games tournament
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:39
Last Modified: 23 Jan 2024 04:39
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3234

Actions (login required)

View Item View Item