KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SELAMA MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

DJAMI, Melkianus (2023) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SELAMA MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - BIODATA PENULIS.pdf

Download (929kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

Latar belakang: Belajar dari rumah melalui pendidikan jarak jauh adalah tantangan baru bagi guru untuk tetap profesional melaksanakan pembelajaran serta membentuk karakter dan kehidupan sosial peserta didik selama masa pandemic Covid-19. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi profesional guru PJOK selama melaksanakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di SD Negeri Lederaga. Metode penelitian: Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang diguanakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dan pembahasan: Guru PJOK SD Negeri Lederaga menguasai materi, struktur, dan konsep keilmuan yang mendukung pembelajaran pada masa pandemi COVID-19, menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar pembelajaran, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri pada masa pandemi Covid-19. Namun, masih kurang dalam mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif. Ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar yang terbatas. Dalam pembelajaran PJOK, guru melakukan pembelajaran yang berpusat pada siswa, memberikan pengalaman langsung dan bersifat fleksibel. Akan tetapi pembelajaran tidak dapat dilakukan secara menyenangkan dengan menggunakan prinsip belajar sambil bermain karena terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran secara daring dan luring. Simpulan: Secara teoritis kompetensi profesional guru PJOK SD Lederaga sudah maksimal. Namun dalam pelaksanaannya belum maksimal karena masih kurang mampu dalam mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi professional, pembelajaran, pandemic Covid 19.
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 24 Jan 2024 00:50
Last Modified: 24 Jan 2024 00:50
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3220

Actions (login required)

View Item View Item