IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 KOTA KUPANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

NENOLIU, Anjela Yusmina (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 KOTA KUPANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (458kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text
03 BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
07 BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui Tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar oleh Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Rumusan masalah dalam kajian ini adalah bagaimana tahapan implementasi kurikulum merdeka belajar oleh guru pendidikan agama Kristen dan budi pekerti di SMPN 10 Kota Kupang tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif teks dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini lakukan di SMPN 10 kota Kupang dan berlangsung selama dua hari. Populasi dari penelitian ini adalah semua Pendidik di SMPN 10 Kota Kupang dengan sampel dua pendidik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Teknik pengumpulan data dengan pedoman wawancara. Teknik analisis data dengan Reduksi Data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam tahap perencanaan telah berjalan sesuai dengan kurikulum merdeka belajar, meskipun terdapat perbedaan dalam tingkat kesiapan dan pemahaman para pendidik dalam mengikuti prosedur perencanaan dalam hal pembuatan modul ajar, alur tujuan pemblajaran, dan pengembangan perangkat ajar. Sedangkan dalam tahap pelaksanaan pembelajaran juga telah berjalan meskipun masih membutuhkan penyesuaian oleh para pendidik dalam hal projek profil pelajar pancasila, penerapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, assesmen dan kegiatan kolaborasi yang dilakukan. Perbedaan ini menunjukkan pentingnya dukungan dan pelatihan yang memadai bagi para pendidik agar implementasi kurikulum merdeka belajar dapat berjalan lebih konsisten dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, implementasi kurikulum merdeka belajar adalah proses yang kompleks dan memerlukan dukungan dari berbagai pihak dalam mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum, Merdeka Belajar
Subjects: Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 06 Dec 2023 01:58
Last Modified: 06 Dec 2023 01:58
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item