IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI IPA TERPADU PADA SMP NEGERI BATUPUTIH KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

LIUNOKAS, Erni H. (2023) IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI IPA TERPADU PADA SMP NEGERI BATUPUTIH KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (555kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
7 BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasi media pembelajaran pada materi IPA Terpadu Pada SMP Negeri Batuputih Kabupaten Timor Tengah Selatan.Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif dengan identifikasi media pembelajaran, proses penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengkaji informasi terkait identifikasi media pembelajaran pada materi IPA Terpadu. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru IPA tiga orang dan peserta didik 15 orang dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah lima media pembelajaran yang sudah di terapkan di sekolah yaitu (Media Berbasis Manusia; media ini tidak menggunakan bantuan media lain seperti handphone dalam berkomunikasi. Media Berbasis Cetak; media ini berupa buku cetak, LKPD, bahan ajar dan buku-buku yang ada diperpustakaan. Media Berbasis Visual dan Media AudioVisual; gambar, poster, video dan slide adalah media visual yang sering digunakan di SMP Negeri Batuputih. Dan Media Berbasis Computer; digunakan pada saat mata pelajaran TIK). kelima media pembelajaran yang telah penelitin identifikasi, semuanya memiliki peran dalam meningkatkan pembelajaran siswa. Media yang paling banyak memberikan peran dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah media berbasis manusia, media berbasis cetak dan media berbasis visual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ke lima media pembelajaran sudah diterapkan akan tetapi yang sering digunakan pada saat proses pembelajaran yaitu media berbasis manusia, media cetak, dan visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Media Pembelajaran, Materi IPA Terpadu, Pada SMP Negeri Batuputih
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:13
Last Modified: 07 Dec 2023 01:13
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item