ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI SATAP NASI KECAMATAN AMANATUN UTARA PADA MATA PELAJARAN IPA TAHUN AJARAN 2021/2022

BENU, Mince Noni (2021) ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI SATAP NASI KECAMATAN AMANATUN UTARA PADA MATA PELAJARAN IPA TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang dilakukan didalam kelas untuk memperoleh suatu pembelajaran yang sangat menyenangkan. Aktivitas belajar berperan terhadap hasil belajar yang akan diperoleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri Satap Nasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-presentase. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Satap Nasi yang berjumlah 34 orang angket teknik analisis data dengan rumus presentase. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian yang diperoleh dari aktivitas visual 86,02% denga kualifikasi sangat baik, aktivitas lisan 67,64%, aktivitas mendengarkan 70,22%, aktivitas menulis 85,29%, aktivitas menggambar 79,41%, aktivitas mental 68,62%. Presentase penilaian menunjukan adanya respon positif terhadap aktivitas belajar siswa adapun analisis untuk aktivitas visual sangat baik karena siswa memperhatikan guru di depan kelas saat jam pelajaran berlangsung dan siswa juga memperhatikan apa yang disampaikan oleh temannya saat mempresentasika hasil diskusi, aktivitas lisan dilihat dari kesiapan siswa yaitu ketika siswa memahami materi pembelajaran siswa akan mengerti apa yang ditanyakan guru dan siswa tidak memahami apa yang di jelaskan oleh guru siswa akan bertanya, aktivitas mendengarkan siswa akan mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru dan pendapat yang disampaikan oleh temannya, aktivitas menulis baik karena setiap materi yang di jelaskan guru akan ditulis pada buku catatan mereka dan akan diperiksa dan di beri nilai oleh guru, aktivitas menggambar siswa yang memiliki bakat menggambar akan membuat peta konsep dari penjelasan yang disampaikan guru untuk memudahkan pemahaman, aktivitas mental baik karena siswa sudah berani menanggapi pendapat saat ada presentasi diskusi. Kesimpulan dari aktivitas belajar adalah keterlibatan siswa secara aktif dalam bentuk kegiatan jasmani maupun rohani pada saat proses pembelajaran guna menunjang keberhasilan dan memperoleh manfaat dari kegiatan belajar tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Visual, Lisan, Mendengarkan, Menulis, Menggambar dan mental.
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:59
Last Modified: 11 Jul 2022 03:59
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item