TOLE'U, Zadrak Y. (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAS ADVENT NUSRA NOELBAKI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (885kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
Abstract
Perkembangan zaman saat ini telah memasuki revolusi 5.0 yang ditandai dengan semakin pesatnya pertumbuhan teknologi yang memudahakan Dalam kerangka kerja kurikulum nasional inilah sesungguhnya literasi sains dapat dibangun dengan efektif dan optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif Menurut Sugiyono (2013) metode penelitian kualitatif adalah metode yang digunakan untuk menyelidiki, menggambarkan, menjelaskan, menemukan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh social yang tidak dapat dijelaskan, diukur atau digambarkan,melalui pemdekatan kuantitatif metode ini digunakan untuk meniliti pada kondisi objek yang alamiah. Hasil penelitian diperoleh melalui penyebaran instrument tes yang di gunakan adalah soal pisa AKM 2019. yang bertujuan untuk memperoleh data mengenai tingkatan kemampuan literasi sains siswa kelas XI mipa di SMAS Advent Nusra Noelbaki Data pada Diagram menunjukkan bahwa rata-rata persentase literasi sains siswa pada 3 aspek(konten, proses, dan konteks) menunjukkan < 50%). Hal ini relevan dengan hasil penelitian Ibrahim & Aspar (2006) bahwa ada keterkaitan antara pengetahuan sains dan aplikasi sains. Ditinjau dari aspek konten persentase rata-ratanya hanya mencapai 76%, artinya penguasaan konsep-konsep sains (biologi) cukup rendah. Ditinjau dari aspek proses, menunjukkan persentase rendah yaitu mencapai 65%.. Ditinjau dari aspek konteks menunjukkan perolehan sangat paling rendah diantara 3 aspek kemampuan literasi sains lainnya yaitu mencapai 56%, Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran biologi belum dikaitkan dengan konteks, artinya dalam membelajarkan konsep-konsep biologi guru belum mengkaitkan dengan kehidupan nyata keseharian siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains, Pembelajaran Biologi |
Subjects: | L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:49 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:49 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |