PANDIE, Dehvia (2023) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB GURU PAR JEMAAT BAIT’EL NAIMATA TIDAK LAGI MENGGUNAKAN BAHAN AJAR SINODE GMIT TAHUN 2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER .pdf Download (593kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK .pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
03. BAB I .pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
04. BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text
05. BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
![]() |
Text
07. BAB V .pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (89kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui penyebab Guru PAR yang tidak menggunakan bahan ajar Sinode GMIT terhadap proses pembelajaran dalam pelayanan PAR di jemaat Bait’El Naimata. Salah satu hal penting yang membuat Pelayanan Anak dan Remaja baik adalah Bahan ajar, dengan adanya Bahan ajar tujuan dari pendidikan PAR kepada anak-anak bisa berjalan secara sistematis, terarah dan sesuai dengan kebutuhan anak. Bahan ajar merupakan suatu program pendidikan yang berisikan berbagai materi serta tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran direncanakan dan dirancangkan secara sistemik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Bahan ajar yang baik direncanakan untuk menolong para pendidik untuk dapat menyampaikan makna dan tujuan dari pendidikan yang ingin diberitakan pada anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode Postpositivsme. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini Purposive dan snownbaal Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara guru PAR. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan wawancara 22 guru PAR dengan 16 pertanyaan yang dijawab maka dengan hasil wawancara guru PAR mengenai faktor-fakor yang membuat guru PAR tidak menggunakan bahan ajar dari Sinode GMIT yakni Guru PAR tidak menggunakan bahan ajar dari Sinode GMIT karena Faktor biaya pengadaan bahan ajar dan alat peraga PAR yang tidak diberikan sehingga guru-guru PAR kesulitan dalam pembelajaran PAR ,kurangnya pemahaman terhadap penggunaan bahan ajar Sinode GMIT oleh guru-guru PAR jemaat Bait’EL naimata karena ada beberapa point dari bahan ajar yang sulit di pahami. Pendidikan guru PAR adalah salah satu faktor yang penyebab guru PAR tidak menggunakan bahan ajar karena kebanyakan guru PAR adalah yang masih berpendidikan SMA dan mahasiswa calon Sarjana, sehingga sering dijumpai kesulitan dalam penggunaan bahan ajar karena pemahaman yang masih kurang baik. Tidak ada pelatihan terhadap guru PAR dilakukan oleh Majelis Jemaat atau pihak klasis sehingga pemahaman dan kualitas guru PAR masih minim mengenai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Guru PAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 04:47 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 04:47 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |