HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMA NEGERI 4 KUPANG TAHUN 2022

MANU, Sartika Yulia Djami (2022) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMA NEGERI 4 KUPANG TAHUN 2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAK di SMA Negeri 4 Kupang. Metode penelitian Studi Kasus (fleidresearch) merupakan strategi umum yang dipakai dalam pengumpulan dan analisis data yang diperlukan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi, dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian lapangan melalui teknik analisis korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kupang, pada bulan 15 Juni-15 Juli 2022 yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Kupang kelas XI MIA3 dengan jumlah 24 orang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar Pendidikan Agama Kristen, mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen, dan mengetahui adanya hubungan minat belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SMA N 4 Kupang.Dari perhitungan hasil koofisien determinan sebesar 27,35529%, hal ini menunjukkan bahwasannya variabel X (minat belajar) telah memberikan hubungan dengan variabel Y (prestasi belajar pada mata pelajaran PAK) dan menunjukkan bahwasannya 72,64471% dari prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor tersebut kemungkinan dapat juga disebabkan oleh faktor internal atau faktor eksternal siswa. Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri seseorang seperti sifat, bakat, keturunan dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang berada di luar diri seseorang yang dapat mempengaruhi mental seseorang. Lingkungan eksternal yang paling dekat dengan seorang manusia adalah keluarga, sekolah dan masyarakat. Data tentang Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAK diperoleh berdasarkan angket yang diisi oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dengan taraf 5 %. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung sebesar 0,523. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r tabel dengan df = 22 taraf signifikansi 5% adalah 0, 404 berarti r hitung lebih besar dari r tabel.Sedangkan pada taraf signifikan 1 % diperoleh r tabel= 0,515. Maka ”r” tabel (rt), hasil yang didapat adalah ”r” hitung lebih besar baik pada taraf signifikan 1% (0,523< 0, 0,515). Dengan demikian dapat diketahui, Hipotesis Nihil (Ho) ditolaksedangkan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dari perhitungan ini berartimenunjukkan terdapat korelasi yang signifikan antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAK. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Minat Belajar memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAK di SMA Negeri 4 Kupang. Hal ini menunjukan bahwa persepsi siswa tentang minat belajar terhadap prestas belajar siswa dalam bidang studi PAK mempunyai peranan penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: L Education > L Education (General)
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:35
Last Modified: 07 Jun 2023 01:35
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item