KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DI SD GMIT 4 KEFAMENANU, TAHUN PELAJARAN 2022/2023

JIWA, Atika Vilanti (2023) KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DI SD GMIT 4 KEFAMENANU, TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (498kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keterampilan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti di SD GMIT 4 Kefamenanu, Tahun Pelajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketrampilan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti di SD GMIT 4 Kefamenanu, Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 105 orang. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas V B dengan jumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti di SD GMIT 4 Kefamenanu, Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah penataan ruang kelas dengan menetapkan tempat duduk siswa, mengantisipasi kondisi kelas dengan kondisikan semua siswa baik secara fisik maupun psikis, menetapkan aturan dengan tegas namun bersahabat dengan memberikan konsekuensi, sesuai dengan aturan yang telah disepakati, mengajak siswa untuk bekerjasama dan mengajak siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik, pastikan siswa tetap fokus dengan mepersiapkan banyak cara agar siswa tetap fokus memperhatikan saat pembelajaran, memberikan pertanyaan kepada siswa, mengajak siswa melakukan kegiatan yang mencairkan suasana (ice breaking), serius tapi santai dengan pembelajaran diselingi dengan homor dan intermezzo, jangan biarkan ada waktu tersisa yang kosong dengan memberikan pengayaan dan memberikan soal latihan, bersemangat sejak awal pembelajaran dengan mengelola emosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan pengelolaan kelas dan proses pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:44
Last Modified: 07 Jun 2023 02:44
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item