ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI SMPTK PIETER MIDDELKOOP KUATNANA TAHUN AJARAN 2021/2022

NATONIS, Linda Kurnia (2021) ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI SMPTK PIETER MIDDELKOOP KUATNANA TAHUN AJARAN 2021/2022. Diploma thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
03. BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
07. BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Perkembangan kognitif peserta didik dalam pembelajaran IPA terpadu di SMPTK Pieter Middelkoop Kuatnana Tahun ajaran 2021/2022 di kelas VII, VIII, IX yang mengacuh pada indikator C1(mengingat), C2(memahami), C3(menerapkan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif non experiment yang bersifat Deskriptif sederhana (studi kasus) Dalam penilitian ini sumber data yang digunakan adalah peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan Teknik Dokumentasi. Perkembangan kognitif peserta didik usia SMP sudah memasuki umur 12 tahun keatas yang disebut dengan tahap Operasional Formal. Data yang diperoleh dalam penelitian berupa hasil kerja peserta didik dalam bentuk nilai tugas. Perkembangan kognitif peserta didik kelas 1 SMP pada ranah C1(mengingat) persentase 80.51% pada kategori Baik, perkembangan kognitif peserta didik kelas 2 SMP presentase 81.15% pada kategori sangat baik, perkembangan kognitif peserta didik kelas 3 SMP persentase 83.09%. perkembangan kognitif peserta didik pada ranah C2 (memahami) pada serta didik kelas 3 persentase 83.15 pada kategori sangat baik. Perkembangan kognitif peserta didik pada ranah C3 (menerapkan) pada peserta didik kelas 1 SMP persentase 50% pada kategori tidak baik, perkembangan kognitif peserta didik kelas 2 SMP persentase 70% pada kategori baik, perkembangan kognitif peserta didik kelas 3 SMP persentase 80% pada kategori baik. Perkembangan kognitif peserta didik kelas VII, VIII, IX pada ranah C1(mengingat), C2(memahami), C3(menerapkan) terjadi peningkatan atau perkembangan kognitif persentase cukup baik karena dalampeserta didik kelas 1 SMP persentase 60.11% pada sangat baik, perkembangan kognitif dalam proses pembelajaran berlangsung peserta didik mampu mengetahui dan memahami materi yang disampaikan oleh guru IPA terpadu. Bagi guru Biologi (IPA terpadu) diharapkan untuk dapat menguasai tingkatan perkembangan kognitif peserta didik, dan selalu menyediakan media pembelajaran (carta) disetiap proses pembelajaran. Bagi siswa disarankan untuk tetap berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Perkembangan kognitif, Peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:08
Last Modified: 01 Jul 2022 04:16
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/21

Actions (login required)

View Item View Item