HALE, Martina Selviana (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP TARUNA CITRA FATUBENAO TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
3 BAB 1.pdf Download (88kB) | Preview |
|
![]() |
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
![]() |
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
![]() |
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
|
|
Text
7 BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa kelas VII SMP Taruna Citra Fatubenao. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran round table terhadap minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 33 siswa yang terdistribusi kedalam 2 rombongan belajar. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sehingga semua subjek populasi dijadikan sampel penelitian yaitu kelas VIIA dengan jumlah 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB dengan jumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan jenis Posttest Only Control Group Design.Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas VII pada kelas eksperimen tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau 28,564>2,039 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Adanya pengaruh minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, Karena kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran round tablesedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Minat belajar siswa memiliki indikator yang dapat mengajak siswa dengan kesadaran mengikuti pembelajaran dengan perasaan senang, melibatkan diri, tertarik serta memusatkan perhatiannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran round table terhadap minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Round Table, Minat Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 04:11 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 05:43 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/19 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |