PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAMBOYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

KABBA, Charles Yusuf (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAMBOYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (590kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
03 BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
07 BAB V.pdf

Download (32kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, dimana Guru menyajikan materi pelajaran dengan metode ceramah. Peserta didik hanya mendengarkan, mencatat dan menghapal penjelasan guru sehingga hasil belajar peserta didik dibawah KKM di SMA Negeri 1 Lamboya. Adapun rumusan masalahnya adalah: apakah ada pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran agama Kristen dan budi pekerti pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lamboya tahun pelajaran 2021 / 2022? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA1 pada mata pelajaran Pendidikan agama Kristen dan budi pekerti. Jumlah siswa pada penelitian ini ialah 28 orang siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan berdasarkan ketentuan yang berlaku yaitu jika t hitung > nilai t tabel maka tolak Ho dan terima Ha, sebaliknya jika t hitung < nilai t tabel maka tolak Ha dan terima Ho. sehingga dengan melihat hasil analisis yang ada maka dapat dikemukakan bahwa t hitung > nilai t tabel ( 22,8> 1,703). Dari ketentuan tersebut, maka Ha diterima artinya ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa Pendidikan agama Kristen dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Lamboya, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Tahun pelajaran 2021 / 2022. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) aagar digunakann model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar di SMA Negeri 1 Lamboya (2) selalu memberikan dorongan atas motivasi belajar pada peserta didik sehingga hasil belajar bisa lebih optimal dan (3) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tidak terbatas pada salah satu tingkatan motivasi belajar tetapi dapat diaplikasikan pada seluruh siswa dengan berbagai tingkatan motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning , Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti Kabupaten Sumba Barat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:58
Last Modified: 16 Nov 2022 04:58
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item