MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA KARDUS PADA SISWA SMP NEGERI 8 KUPANG TIMUR

RETANG, Desdiamond P. Umbu (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA KARDUS PADA SISWA SMP NEGERI 8 KUPANG TIMUR. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB 1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
04. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
05. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
06. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
07. BAB 5.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Salah satu penyebab kurang lancarnya proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah-sekolah termasuk di dalamnya dalam materi lompat jauh adalah kurang memadainya sarana yang dimiliki sekolah yang diperlukan dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu satu pemikiran yang muncul adalah bahwa perlu adanya sebuah media alternatif untuk mengganti bak lompat yang memang berlum tersedia. Media alternatif yang digunakan juga harus bisa mewakili karakteristik aslinya sebagai media lompatan. Media yang digunakan adalah media kardus, yang sangat muda ditemukan dan aman dipakai. Tujuan penelitian Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media kardus. Metode penelitian: Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Menurut Kemmis dan McTaggart Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari tiga tahap pada satu siklus, apabila dalam tindakan kelas ini ditemukan kekurangan dan tidak terciptanya target yang telah ditentukan, maka ini ditemukan dan tidak tercapainya target yag telah ditentukan, maka diadakan perbaikan pada perencanaan dan pelaksanaan siklus berikutnya. Hasil dan pembahasan: Berdasarkan hasil penelitian siklus I Pada aspek ketrampilan yang tergolong kriteria baik sekali 0 %, baik 20 %, cukup 50 %, kurang 30 % dan kurang sekali 0%. Sementara pada siklus II aspek ketrampilan yang tergolong baik sekali 40%, baik 50 %, cukup 10 %, kurang 0 % dan kurang sekali 0%. Simpulan: Dari hasil analisis yang diperoleh selama penelitian terdapat peningkatan dari kondisi awal ke siklus I sampai siklus II. Hasil ketrampilan pada siklus I (70%) siklua II (100)%). Hasil tes evaluasi pada siklus I (75,6) siklus II (89,5). Hasil presentase aktivitas siswa pada siklus I (67,5) siklus II 95%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; lompat jauh; media pembelajaran 3
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:09
Last Modified: 02 Aug 2022 01:09
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item