PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 SABU TENGAH TAHUN AJARAN 2020 /2021

ROI, Welmince Bangngu (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 SABU TENGAH TAHUN AJARAN 2020 /2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img]
Preview
Text
07 BAB V.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Permasalahan ditemukan adalah kurangnya minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2Sabu Tengah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranartikulasi terhadap minat belajarsiswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yang didesain dengan tipe post test control group design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 40 siswa, sampel kelas VIIIA dan VIIIB berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling jenis sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi yang dianalisis dengan rubrik minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan bantuan SPSS versi 22Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh nilai thitungsebesar6,751l dengan signifikan signifikan 0,001<0,05, maka H1 diterima. Hal tersebut menunjukan bahwa signifikan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelebihan dari model pembelajaran artikulasi ini adalah melatih kesiapan siswa, meningkatkan partisipasi anak, interaksi lebih mudah siswa menuju kesuksesaan belajar. Hal ini terlihat saat proses pembelajaran, siswa terlihat sangat berantusias untuk mengikuti pelajaran, penuh percaya diri, dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan secara aktif, sehingga memperoleh hasil yang memuaskan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran artilakuasi terhadap minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran,Model artikulasi,minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:51
Last Modified: 20 Jul 2022 01:51
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item