PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 TAEBENU

MBOLIK, Charlos Imanuel (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 TAEBENU. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (195kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran berbasis Preziterhadap minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Taebenu. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik clusterrandom sampling. Tahapan analisis pada penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji parsial (Uji T). Data minat belajar siswa diperoleh dari hasil angket yang disebarkan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 76,29dan kelas eksperimen sebesar 78,45. Hasil uji parsial (Uji Thitung) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,027. Nilai signifikansi uji Thitungini lebih besar dari nilai alpah 0,05, sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh media prezi(X) terhadap minat belajar (Y). Adapun kelebihan dari media prezi yaitu dapat menampilkan presentasi yang dinamis, interaktif dan menarik sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu media prezi juga dapat menampilkan teks, gambar, video dan animasi menarik yang dapat memberikan pengalaman nyata dalam proses pembelajaran. Peningkatan pada setiap indikator minat belajar mulai dari perasaan senang, ketertarikan, perhatian hingga keterlibatan siswa menunjukkan dampak positif media prezidalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Prezi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Taebenu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Berbasis Prezi, Minat Belajar
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 19 Dec 2025 23:23
Last Modified: 19 Dec 2025 23:23
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5914

Actions (login required)

View Item View Item