PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN TEKNIK DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMA KRISTEN TARUS

BEO, Raimundus Do (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN TEKNIK DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMA KRISTEN TARUS. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1.COVER,PENGESAHAN DLL.pdf

Download (366kB)
[img] Text
ABSTRAK-1.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BABV.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-1.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan dribblingbola basket antara kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaranProblem-Based Learning (PBL) dalam permainan dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan dengan mengukur kemampuan dribbling siswa melalui pre-test dan post-test pada kedua kelompok. Analisis normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data dari kedua kelompok tidak terdistribusi normal (p < 0,05), sehingga uji non-parametrik lebih dianjurkan. namun, uji homogenitas menunjukkan bahwa varians antara kedua kelompok adalah homogen, baik pada data pre-test maupun post-test (Fhitung < Ftabel). Hasil ANOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai F = 33,052 dan p = 0,000, yang mengindikasikan bahwa perlakuan yang diberikan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan dribbling siswa. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan keterampilan yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol, yang hanya menunjukkan peningkatan minimal. Temuan ini mendukung teori bahwa pembelajaran berbasis permainan lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik dan aspek kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 19 Dec 2025 05:52
Last Modified: 19 Dec 2025 05:52
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5897

Actions (login required)

View Item View Item