MINKARYANS, Do Putra As (2025) PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BULUTANGKIS PADA SISWA KELAS V DI SD GMIT NO. 07 OEBUFU. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
|
|
Text
03. BAB I.pdf Download (26kB) |
|
|
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
|
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) |
|
|
Text
07. BAB V.pdf Download (7kB) |
|
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
Abstract
Latar belakangBanyak siswa yang memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimun (KKM) yang disebabkan banyak siswa yang belum memahami permainan bulutangkis. Disisi lain ada beberapa hal yang menunjukan nilai dibawah kriteria ketuntusan minimun (KKM) yaitu siswa kurang antusias dalam pembelajaran karena kurangnya pengetahuan tentang teknik-teknik dasar dalam permainan bulutangkis hal ini disebabkan karena kurangnya sarana prasarana yang ada di sekolah sehingga siswa kurang berminat dalam permainan bulutangkis. Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran teknik dasar bulutangkis di SD GMIT NO.07 Oebufu. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah jenis penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas, Menurut Suharsimi Arikunto, Dkk (2012:102) adalah jenis penelitian ini yang mampu menawarkan cara dan prosedur baru untuk memperbaiki dan meningkatkan profesonalisme Pendidikan dalam proses belajar mengajar di kelas dengan melihat kondisi siswa. Hasil dan pembahasan: Hasil pembahasan menunjukan bahwa adanya Pendidikan hasil belajar Pendidikan jasmani dalam permainan bulutangkis dengan video pembelajaran dari siklus I ke siklus II bagi siswa kelas V SD GMIT NO.07 Oebufu. Hasil belajar pada siklus I yaitu siswa tuntas sebanyak 7 orang dengan presentase 35%. Pada siklus II yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan presentase 100%. Dapat dilihat presentasi meningkat hasil belajar penjas dalam permainan bulu tangkis dengan video pembelajaran dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 100% atau meningkat menjadi 20 siswa. Kesimpulan: Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penyerapan video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Video pembelajaran bulu tangkis. |
| Subjects: | L Education > Sports |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
| Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 03:54 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 03:54 |
| URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
