STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR MENGGIRING BOLA PADA SISWA SD INPRES NOELBAKI

AKUR, Melkiades (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR MENGGIRING BOLA PADA SISWA SD INPRES NOELBAKI. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - BIODATA PENULIS.pdf

Download (628kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

Latar belakang: Strategi pembelajaran kolaboratif merupakan proses belajar kelompok dimana setiap anggota menyumbangkan informasi, pengalaman, ide, sikap, pendapat, kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya dalam kelompok. Tujuan penelitian: untuk mengetahui strategi pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar menggiring bola pada siswa SD Inpres Noelbaki. Metode penelitian: menggunakan pendekatan tindakan kelas (classroom action research) dalam bentuk siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refeksi dengan teknik analisis data kuantitatif digunakan untuk melihat data hasil tes belajar murid. Hasil dan pembahasan: Hasil rekapitulasi penilaian langkah-langkah strategi pembelajaran kolabotarif, LKS dan aspek psikomotor diperoleh 76,47% (13 orang siswa) yang berkriteria Tuntas dan 23,53% (4 orang siswa) berkriteria Tidak Tuntas untuk strategi pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar menggiring bola pada siklus I. Hasil siklus II diperoleh 100% (17 orang siswa) dengan kriteria tuntas dari hasil penilaian langkah-langkah strategi pembelajaran kolabotarif, LKS dan aspek psikomotor Simpulan: Ada perubahan hasil belajar menggiring bola bagi siswa dari siklus I ke siklus II dari hasil penelitian dengan indikator penilaian langkah-langkah strategi pembelajaran kolabotarif, LKS dan aspek psikomotor untuk strategi pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar menggiring bola pada siswa SD Inpres Noelbaki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran kolaboratif, hasil belajar, teknik dasar menggiring bola
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 17 May 2025 03:56
Last Modified: 17 May 2025 03:56
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5168

Actions (login required)

View Item View Item