SURABAYA, Risto Kada (2024) STRATEGI GURU PENJASORKES DALAM MENGIDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER - BIODATA PENULIS.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
Abstract
Latar belakang: Pendidikan jasmani sebagai aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan prilaku hidup kreatif sikap sportif dan kecerdasan emosi dari peserta didiknya. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi guru penjasorkes dalam mengidentifikasi bakat olahraga peserta didik di SMP Negeri 8 Kupang. Metode penelitian: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui strategi guru dalam mengidentifikasi bakat olahraga peserta didik di SMP Negeri 8 Kupang. Hasil dan pembahasan. Hasil penelitian yang didapat adalah strategi guru dalam pembelajaran penjasorkes yang diawali dengan merencanakan perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP yang memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran secara umum, materi, metode, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber serta media pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Stategi guru untuk mengidentifikasi bakat peserta didik melalui observasi, serta guru tidak bekerjasama dengan orang tua peserta didik dalam menggali serta mengembangkan potensi-potensi atau bakat yang dimiliki oleh siswa. Simpulan: Strategi guru penjasorkes sudah berjalan dengan baik, namun dalam mengidentifikasi masih kurang baik dengan tidak melibatkan orang tua peserta didik dalam menggali serta mengembangkan bakat atau potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru penjasorkes, Identifikasi bakat |
Subjects: | L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
Date Deposited: | 17 May 2025 03:28 |
Last Modified: | 17 May 2025 03:28 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |