PAYONG, Paskalis Dominggus (2023) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATERI TENIS MEJA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (929kB) |
![]() |
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
3 BAB I.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
![]() |
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) |
![]() |
Text
7 BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Latar belakang: Berdasarkan latar belakang masalah, Dalam diri setiap orang terdapat banyak kemampuan dan potensi yang berbeda-beda. Potensi yang dimiliki setiap individu ini masih tersimpan di dalam diri dengan kata lain potensi dalam diri seseorang belum ditunjukan melalui sikap, perilaku, perbuatan dan aksi. Setiap orang memiliki banyak potensi di berbagai bidang apa saja baik itu potensi yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif. Untuk mengembangkan potensi atau kemampuan yang sudah ada harus ada latihan, kemauan dan kerja keras dari orang itu sendiri untuk mengembangkan kemampuannya dalam proses pendidikan di sekolah. Pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama Tujuan penelitian: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran materi tenis meja pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Dwi Sosilowati(2018) mendefinisikan bahwa penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan kelas yang implementasinnya dapat dilihat, dirasakan, dan dihayati kemudian muncul pertannyaan apakah praktik-praktik pembelajaran yang selama ini dilakukan memiliki efektifitas yang tinggi. Ekawana (2010:4) mengemukakan bahwa penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan oleh guru didalam kelas. Arikunto, dkk (2004:3) mendefinisikan bahwa penrlitaian tindakan kelas adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Jenniver Van Baren (2019) menyatakan bahwa desain penelitian tindakan adalah penelitian pendidikan yang melibatkan pengumpulan informasi mengenai program dan hasil pendidikan saat ini menganalisis informasi, mengembangkan rencana untuk memperbaikinya, mengumpulkan perubahan setelah rencana baru diimplementasikan, dan mengembangkan kesimpulan tentang perbaikan. Hasil dan pembahasan: Hasil pembahasan menunjukkan bahwa ada Upaya peningkatan dalam pembelajaran tenis meja. Simpulan: Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan pembelajaran materi tenis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024 sangat meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tenis meja, metode permainan tenis meja |
Subjects: | L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
Date Deposited: | 17 May 2025 02:49 |
Last Modified: | 17 May 2025 02:49 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5157 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |