OBES, Lusy Amelia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik setelah melalui suatu proses pembelajaran. Pembelajaran akan menghasilkan hasil belajar yang baik jika pada proses pembelajaran menggunakan metode atau media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada. Media pembelajaran sangat penting dalam menunjang proses belajar mengajar. Salah satu media yang cocok untuk menunjang proses belajar mengajar adalah media audio visual. Contoh media audio visual yang dapat diterapkan didalam kelas adalah Proyektor LCD. Proyektor LCD adalah salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan gambar, video, atau data dari komputer pada layar atau permukaan datar seperti tembok, dll. Proyektor LCD juga dapat digunakan untuk membantu pembelajaran dengan menghasilkan gambar dan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa Kelas VII SMP N 10 Kota Kupang. Metode Penelitian yang digunakan yaitu expperimen post test only control group desain. Jumlah masing-masing sampel pada penelitian ini adalah 18 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 18 peserta didik untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban yaitu a, b, c, dan d. Berdasarkan pengujian dua sampel yang menggunakan uji-t, data membuktikan bahwa nilai thit = 3,94 > ttab = 2,042 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 56,77 dan rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 37,33. Hasil tersebut menandakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik pada materi nilai-nilai Kristiani, sehingga media audio visual dapat membantu hasill belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media audio visual, Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:32 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:32 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |