PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI TERHADAP MINAT BELI USAHA MIKRO KECIL (UMKM) STUDI KASUS PADA PKK DESA NAUNU KABUPATEN KUPANG

ARAUJO, Akelino De (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI TERHADAP MINAT BELI USAHA MIKRO KECIL (UMKM) STUDI KASUS PADA PKK DESA NAUNU KABUPATEN KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER .pdf

Download (265kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

Menurut Engel dalam Nih Luh Julianti (2018) berpendapat bahwa minat beli sebagai kekuatan pendorong atau sebagai motif yang bersifat intstristik yang mampu mendorong seseorang untuk menaruh perhatian secara spontan, wajar, mudah, tanpa paksaan dan selektif pada suatu produk untuk kemudian mengambil keptusan pembeli. Menurut Assael Sukmawati dan Suyono dalam Pramono (2015) minat beli adalah tahap dimana konsumen membentuk pilihan mereka diantara beberapa merek yang tergabung dalam perangkat pilihan. Kemudian pada akhirnya melakukan sesuatu pembelian pada suatu alternatif yang paling disukainya atau proses yang dilalui konsumen untuk membeli sesuatu barang atau jasa yang didasari oleh bermacam pertimbangan. Menurut Tjiptono dalam (kuspriyono, 2020:80) kualitas produk adalah kualitas meliputi usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan kualitas mencakup produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungankualitas merupakan kondisi yang selalu berubah (misalnya apa yang dianggap merupakan kualitas saat ini mungkin dianggap kurang berkualitas pada masa mendatang). Menuerut Kotler dalam (Melyani, 2018) mengatakan kualitas produk merupakan keseluruhan ciri atas sifat barang dan jasa yang berpengaruh pada kemampuanya dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, maka akan berusaha membuat produk yang berkualittas yang ditampilkan baik dari ciri-ciri luar (design) produk maupun inti (corei) produk itu sendiri. Menurut Kotler dalam Roisah & Riana , (2021) mengatakan bahwa kualitas produk merupakan kemampuan sebuah produk dalam memperagakan fungsinya, hal tersebut termasuk keseluruhan durabilitas, reliabilitas, ketepatan, kemudahan pengoperasian dan reparasi produk juga atribut produk lainnya. Menurut Kotler dan Keller (2018; 476) inovasi merupakan bagian dari kerangka kerja yangmenghubungkan aspek budaya perusahaan dengan kemampuan berinovasi serta meningkatkan kinerja perusahaan melalui keputusan membeli konsumen. Definisi mengenai inovasi menurut Crawford & De Benedetto (2020:9) inovasi produk adalah “Inovasi yang digunakan kedalam seluruh organisasi perusahaan dimana sebuah produk yang baru diciptakan dan dipasarkan, termasuk inovasi di semua proses kegunaannya. Hurley and Hult (2019) Mendefinisikan bahwa inovasi merupakan sebuah mekanisme perusahaan untuk beradaptasi dalam lingkungan yang dinamis, oleh karena itu perusahaan dituntut supaya mampu menciptakan pemikiran baru, dan menawarkan produk yang inovatif serta meningkatkan pelayanan yang lebih baik untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. Berdasarkan penjelasan diatas maka dalam penelitian ini akan membahas pengaruh kualitas produk dan inovasi terhadap minat beli usaha mikro kecil (UMKM) studi kasus pada pkk desa naunu kabupaten kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik pembagian kuisioner. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 responden di ambil secara random populasi dalam penelitian ini adalah Minat Beli Konsumen pada produk pkk desa naunu kabupaten kupang. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui pegaruh Kualitas produk dan Inovasi terhadap minat beli usaha mikro kecil (UMKM) studi kasus pada pkk desa naunu kabupaten kupang. Peneliti mengunakan Uji Analisis Linier Berganda, Uji T (parsial), Uji F (Simultan) dan Uji koefisien determinasi (R2). dan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa secara parsial Kualitas produk dan Inovasi berpengaruh singnifikan terhadap minat beli usaha mikro kecil (UMKM) studi kasus pada pkk desa naunu kabupaten

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Beli Produk Usaha Mikro Kecil Pkk, Kualitas Produk dan Inovasi.
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:25
Last Modified: 09 Aug 2024 04:25
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4280

Actions (login required)

View Item View Item