UPAYA MENINGKATKAN MENGGIRING BOLA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS PADA SISWA KELAS VII SMP 10 KOTA KUPANG

HANAS, Joktan (2024) UPAYA MENINGKATKAN MENGGIRING BOLA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS PADA SISWA KELAS VII SMP 10 KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
03 BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
07 BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

Latar belakang: Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) kurangnya penerapan metode yang kurang tepat sehingga membuat siswa malas belajar. 2) Belum tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 3) Alat yang digunakan kurang memadai, 4) Siswa takut dengan permainan bola besar khususnya putri, dan 5) Kondisi fisik pada siswa kelas VII khususnya siswa putri yang memiliki fisik yang kecil mengurangi minat untuk melakukan aktifitas permainan bola besar menjadi menurun. Tujuan penelitian: Tujuan yang hendak mencapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat menggiring bola dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas VII SMP 10 kupang. Metode penelitian: Dalam penelitian tindakan kelas ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif sebab dengan pendekatan kualitatif peneliti dapat menguraikan data yang diperoleh. Hasil dan pembahasan: Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kupang Tahun ajaran 2023/2024 kegiatan pembelajaran diselengarakan bersiklus yang setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dimana pada pembelajaran pada masing-masing siklus dilakukan pada 2 pertemuan. Simpulan: Berdasarkan hasil analisis data refleksi pada setiap siklus, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa: Pembelajaran menggiring melalui metode pembelajaran Zig Zag Run dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan mengalami peningkatan yaitu dari 20 orang siswa 15 siswa yang sudah cukup memenuhi KKM, dan ada 5 siswa yang masih belum memenuhi KKM sehingga harus lanjut ke siklus ke II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pendidikan jesmani
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:26
Last Modified: 07 Aug 2024 00:26
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4161

Actions (login required)

View Item View Item