PENGARUH PENERAPAN COPRORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP PERSEPSI NASABAH KOPERASI SIMPAN PINJAM MONAFEN

TOBE, Dorince (2023) PENGARUH PENERAPAN COPRORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP PERSEPSI NASABAH KOPERASI SIMPAN PINJAM MONAFEN. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (387kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
7 BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Koperasi Indonesia merupakan suatau pilar penting perekonomian nasional, harus dibangun secara berkelanjutan. Keberadaan koperasi memegang peranan yang sangat strategis di masyarakat dalam meningkatkan keberdayaan sektor ekonomi terutama bagi mereka yang telah bergabung menjadi anggota koperasi. Untuk itulah kehadiran pemerintah untuk membangun iklim kondusif yang sesuai dengan UU Nomor 25 tentang Perkoperasian. Peran fungsi yang dijalankan oleh pemerintah juga sangat dibutuhkan keberdayaan koperasi itu sendiri untuk menata dirinya secara internal berdasarkan keputusan rapat anggota. Perpaduan peran fungsi tersebut, diharapkan mampu mengantarkan koperasi untuk hidup tumbuh berkembangan sesuai jati diri dan prinsip prinsip yang telah diterima secara global, yang mampu bertahan hidup (survive) dari waktu ke waktu. Seperti yang kita ketahui bahwa dunia bisnis diera globalisasi saat ini sedang mengaami persaingan yng sangat ketat dalam segala sektor usaha, oleh karena itu perusahaan atau organisasi harus mampu melakukan sesuatu untuk mempertahankan usahanya salah satunya yaitu menetapkan tata kelola yang baik sebagai awal pengenadalian yaitu dengan menetapkan program corporate social responsibility (CSR) dimana organisasi harus ikut andil atau berpartisipasi serta empati terhadap berbagai masalah yang terjadi pada lingkungan sekitar, dimana corporate social responsibility merupakan suatu konsep bahw organisasi khususnya koperasi memiliki suatu tnggung jawab terhadap nasabah, karyawan, masyarakat dan komunitas serta lingkungan operasional koperasi. Sebagaimana diketahui bahwa keberlangsungan koperasi sangatlah bergantung pada dukuangan banyak pihak. Untuk itu perlu menjaga hubungan yang harmonis antara koperasi dan lingkungan sekitar karna, dimana masyarakat sekarang lebih pintar dan cerdik dalam hal memilih tempat yang harus mereka tempati. Masyarakat akan meninggalkan tempat yang memiliki citra yang buruk dan mereka dan mereka akan memilih tempat yang mampu menerapkan kebijakan atau kebiasaan yang tidak hanya ingin mencari keuntungan melainkan peduli terhadap lingkungan. Oleh Karena Itu koperasi simpan pinjam monafen juga merupakan salah satu koperasi yang bukan hanya mencari keuntungan dan memberikan pinjaman kepada nasabah tetapi telah menerapkan good corporate governance dan menerapkan program corporate social responsibility. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh corporate social responsibility terhadap persepsi nasabah koperasi simpan monafen untuk menguji pengaruh good corporate governance terhadap persepsi nasabah koperasi simpan pinjam monafen dan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility dan good corporate governance terhadap persepsi nasabah koperasi simpan pinjam monafen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer atau data yang diperoleh secara langsung melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah koperasi simpan pinjam monafen indikator yang dalam penelitian ini adalah: corporate social responsibility, good corporate governance serta persepsi nasabah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda untuk dapat mengetahui pengaruh antar variabel X (independen), terhadap variabel Y (Dependen) dan dibantu dengan alat uji statistic yaitu program SPSS versi 16 dan Ms.Exel 2010. Populasi yang gunakan pada penelitian ini adalah seluruh nasabah koperasi simpan pinjam Monafen sebanyak 10.886 orang. Sampel dari penelitian ini sebanyak 100 nasabah. Penentuan sampel mengunakan rumus slovin dengan menggunakan metode Incidental sampling dan mendatangi secara langsung nasabah koperasi simpan pinjam monafen. incidental /accidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. (Sugiyono : 2018:138). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel corporate social responsibility berpengaruh secara parsial terhadap persepsi nasabah koperasi simpan pinjam monafen, good corporate governance berpengaruh secara parsial terhadap persepsi nasabah koperasi simpan pinjam monafen serta corporate social responsibility dan good corporate governance berpengaruh secara simultan terhadap persepsi nasabah koperasi simpan pinjam monafen. hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi kepentingan keilmuan yang kemudian dapat dijadikan sebagai acuan maupun referensi untuk penelitian mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility, Good corporate governance dan persepsi nasabah. (Studi Empiris Pada Koperasi Simpan Pinjam Monafen)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Economic > Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:56
Last Modified: 11 Jun 2024 03:56
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4048

Actions (login required)

View Item View Item