SANDA, Susanti (2024) PENGARUH PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI ALFAMART KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (664kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (813kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
Persoalan penelitian :1. Apakah Produk Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfamart Kota Kupang? 2. Apakah Harga Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfarmart Kota Kupang? 3. Apakah Lokasi Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfarmart Kota Kupang? Tujuan penelitian yaitu : Untuk Menganalisis Pengaruh Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfarmart Kota Kupang, Untuk Menganalisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfarmart Kota Kupang Dan Untuk Menganalisis Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfarmart Kota Kupang. Metode Penelitian Dalam Penelitian ini yakni Populasi Dan Sampel pada konsumen yang perna berbelanja di Alfamart Kota Kupang, Sebanyak 96 responden. Teknik Pengunpulan data dalam penelitian ini menggunkan kuesioner online yakni google from yang disebarkan melalui whatsapp, sedangkan teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial (uji t), Uji Simultan (uji f), dan Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan Hasil Analisis pendahuluan: Produk jumlah dari seluruh indeks yaitu 297,4 dan nilai rata-rata indeks untuk variable Produk yaitu sebesar 74,35 yang berada dalam kategori tinggi, artinya Produk perlu dipertahankan. Harga jumlah dari seluruh indeks yaitu 299,6 dan nilai rata-rata indeks untuk variable Harga yaitu sebesar 74,9 yang berada dalam kategori tinggi, artinya Hartga perlu dipertahankan. Lokasi jumlah dari seluruh indeks yaitu 238,2 dan nilai rata-rata indeks untuk variable Lokasi yaitu sebesar 79,4 yang berada dalam kategori tinggi, artinya Lokasi perlu dipertahankan. keputusan pembelian berdasarkan jawaban responden di atas dari jumlah seluruh indeks yang diperoleh yaitu sebesar 374,6, maka nilai rata-rata indeks untuk variable Keputusan Pembelian yaitu sebesar 74,92 yang berada dalam kategori tinggi, artinya keputusan pembelian perlu dipertahankan. Berdasarkan Hasil Analisis Lanjutan: Persamaan Regresi Linear Berganda: Y=3,066+0,573X₁+0,340X₂+0,302X₃+e. diketahui bahwa nilai konstanta a sebesar 3,066, sedangkan Koefisien b₁ adalah 0,573 dan b₂ adalah 0,340 dan b₃ adalah 0,302. Dengan demikian dari persamaan regresi linear berganda diatas maka dapat dijelaskan bahwa nilai konstan 3,066 artinya jika nilai Produk (X1), Harga (X2) dan Lokasi (X3) sama dengan nol, Keputusan Pembelian (Y) akan meningkat sebesar 3,066. Sedangkan koefisien regresi (b₁) sebesar 0,573 artinya jika Produk (X1) mengalami kenaikan sebesar 1 satuan, maka Keputusan Pembelian (Y) Akan meningkat sebesar 0,573 atau sebesar 57,3%. koefisien (b₂) sebesar 0,340 artinya jika Harga (X2) mengalami kenaikan sebesar 1 satuan maka Keputusan Pembelian akan meningkat sebesar 0,340 atau 34%. koefisien (b₃) sebesar 0,302 artinya jika Lokasi (X3) mengalami kenaikan sebesar 1 satuan maka Keputusan Pembelian akan meningkat sebesar 0,302 atau 30,2%. Implikasi teoritis: Hasil penelitian ini terbukti secara teoritis dimana variabel Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kota Kupanag. Hasil penelitian ini terbukti secara teoritis dimana variabel Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kota Kupanag. Hasil penelitian ini terbukti secara teoritis dimana variabel Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kota Kupanag. Implikasi Terapan: Poduk : Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa dari 4 indikator empirik produk memiliki nilai tinggi. Maka Produk menujukan bahwa produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen memiliki dampak positisf terhadap keputusan pembelian. sehingga Afamart dapat memperkuat penawaran produk-produk unggulan, meningkatkat kualitas produk, serta memperkenalkan inovasi produk yang memenuhi preferensi konsumen. Maka keragaman produk, tingkat kualitas, nama merek, dan kemasan perlu di pertahankan. Artinya semakin baik produk maka semakin tinggi orang melakukan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa dari 4 indikator empirik harga memiliki nilai tinggi. Harga menunjukan bahwa adanya hubungan antara harga terhadap keputusan pembelian konsumen. sehingga membantu menciptakan pengalaman belanja yang positif bagi konsumen dan membangun kepercayaan terhadap alfamart kota kupang. Maka keterjangkauan harga, harga sesuai kualitas, harga sesuai manfaat, dan harga sesuai kemampuan atau daya saing harga perlu dipertahangkan. Artinya harga semakin terjangkau maka keputusan orang akan membeli semakin tinggi.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa dari 3 indikator empirik lokasi memiliki nilai tinggi. lingkungan lokasi yang bersi aman dan nyaman dapat memberikan pengalaman belanja yang positif bagi konsumen yang berkunjug untuk berbelanja di Alfamart Kota Kupang. Maka akses, visibilitas, dan tempat pakir yang luas, nyaman dan aman lokasi perlu dipertahangkan. Artinya lokasi semakin strategis maka keputusan orang untuk membeli semakin banyak. Berdasarkan hasil penelitian yang menyatakan bahwa keputusan pembelian dari 5 indikator empirik keputusan pembelian nilai tinggi dan berpengaru terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart kota kupang maka Pilihan Produk, Pilihan Merek ,Pilihan penyalur dan Waktu Pembelian perlu di pertahangkan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Konsumen di Alfamart Kota Kupang, Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Secara parsial Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Konsumen di Alfamart Kota Kupang, Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Konsumen di Alfamart Kota Kupang dan secara simultan Poduk, Harga dan Lokasi secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen Di Alfamart Kota Kupang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk, Harga Lokasi, Dan Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:21 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:21 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |