PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI UPTD SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG TAHUN 2023/2024

LEUANAN, Inke Yunita (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI UPTD SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG TAHUN 2023/2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR TABEL.pdf

Download (694kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode learning cycle 5e terhadap hasil belajar siswa kelas VII Pendidikan Agama Kristen di UPTD SMP Negeri 20 Kota Kupang. Dengan tujuan penelitian untuk melihat apakah terdapat pengaruh metode learning cycle 5e terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII H yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dan kelas VII I berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode learning cycle 5e. Hasil penelitian dapat dilihat rata-rata skor hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78 lebih tinggi dibanding rata-rata skor hasil belajar siswa kelas control sebesar 67.5862. Analisis data dilakukan dengan uji-t pada kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, thitung = 3,652. Nilai ttabel pada dk = 57, dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai ttabel = 1,672. Dengan demikian thitung = 3,652 > ttabel = 1,672 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain, terdapat pengaruh metode learning cycle 5e terhadap hasil belajar siswa kelas VII Pendidikan Agama Kristen di UPTD SMP Negeri 20 Kota Kupang tahun 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode learning cycle 5e, hasil belajar
Subjects: Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 06 Jun 2024 05:01
Last Modified: 06 Jun 2024 05:01
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3719

Actions (login required)

View Item View Item