FAKTOR MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI BALU

TAFULI, Adrianus V. I. (2023) FAKTOR MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI BALU. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
03 BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
07 BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

Latar belakang: Guru sebagai salah satu pelaksana dalam pendidikan harus mempersiapkan materi ajarnya dalam rangka mengembangkan potensi siswa. Untuk itu guru sebagai motivator bagi siswa untuk semangat belajar harus dapat memilih metode yang tepat dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian: Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Rendahnya Motivasi Siswa Kelas VII Smp Negeri Balu dalam mengikuti Pembelajaran Penjasorkes. Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk meniliti atau menemukan informasi dan diharapkan memperoleh gambar mengenai keterlaksaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian deskriptif sendiri bertujuan untuk membuat perencanaan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi daerah tertentu Hasil dan pembahasan: Memotivasi siswa merupakan suatu kewajiban yang dilakukan seorang guru agar mendaptkan rasa ingin tahu siswa untuk mendapatkan kepuasan serta kesenangan dalam dirinya sebagai suatu kegiatan pembelajaran. Sebagai siswa kami harus menjaga sikap dan tingkah laku kami untuk menjaga perasaan dalam cara menghargai guru dalam proses pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas agar kami mendapatkan nilai atau petunjuk buat bekal masa depan kami. Simpulan: Hasil penelitian ini maka peneliti menyimpulkan bahwa: Faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi dalam mengikuti pembelajaran adalah: 1. Faktor Internal, Faktor yang terjadi di dalam kelas adalah, kurang percanya diri siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya rasa ingin tau siswa yang menurun untuk menggetahui hal baru. 2. Faktor Eksternal, Faktor yang terjadi pada luar kelas adalah kurangnya rasa percanya diri siswa untuk mencoba hal baru dan kurangnya sarana dan prasarana ada pada sekolah tersebut sehingga membuat proses pembelajan di luar kelas kurang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pembelajaran, Penjasorkes
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:27
Last Modified: 23 Jan 2024 04:27
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item View Item