TEFU, Reolis Y. (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BERTEMAN PERMAINAN BOLA VOLI PADA PROSES PEMBELAJARAN PENJASORKES. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (773kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
Abstract
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, dan yang lainnya. Berbagai macam kegiatan olahraga yang sangat menarik dan menyenangkan yaitu olahraga permainan. Olahraga permainan yang banyak diminati, dan digemari oleh masarakat, salah satunya adalah permainan bola voli. Seorang pemain bola voli harus menguasai teknik passing yaitu: passing atas dan passing bawah. Tujuan dari penelitian ini adalah Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah berteman pada proses pembelajaran penjasorkes di SD GMIT Oepura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi dengan populasi 48 siswa dan sampel yang diambil 41 siswa kelas VI SD GMIT Oepura. Pada penelitian ini didapatkan hasil siswa dengan perdikat sangat baik 65,85% dan siswa dengan perdikat baik 34,14%. Berdasarkan data bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada siklus 2 yaitu dari 67,27% menjadi 87,23%. Ketuntasan hasil belajar siswa melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pertemuan terbimbing passing bawah permainan bola voli memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang telah dilakukan dikelas VI SD GMIT Oepura pada siklus I dan Siklus II dapat disimpulakan bahwa menggunakan metode passing bawah berteman sangat membantu proses belajar mengajar maupun tercapainya hasil pembelajaran passing bawah bola voli sesuai dengan KKM yakni 75 metode passing bawah berteman diyakini mampu membangkitkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, passing bawah, bola voli |
Subjects: | L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 04:02 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 04:02 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |