TINJAUAN TENTANG PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR MENGONTROL BOLA KAKI BAGI SISWA KELAS IV SD

LOE, Marthinus (2023) TINJAUAN TENTANG PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR MENGONTROL BOLA KAKI BAGI SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (738kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

Bedasarkan hasil pengamatan peneliti selama mengajar di kelas IV SD GMIT Airnona 1 Kupang ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut adalah sebagai berikut (1) kurangnya motivasi siswa dalam belajar penjasorkes dengan materi sepak bola, (2) metode pembelajaran yang diterapkan guru masih kurang efektif untuk memotivasi siswa, (3) rendahnya siswa dalam melakukan teknik mengontrol sepak bola. Tujuan penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembelajaran Teknik Dasar Mengontrol Bola Kaki Pada Siswa Kelas IV di SD GMIT Airnona 1 Kupang. Metode penelitian: Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan sebagai cara atau prosedur untuk mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan: Berdasarkan hasil wawancara dan hasil penelitian tentang Pembelajaran mengontrol sepak bola seperti yang dikemukan oleh guru penjasorkes bahwa dalam proses pembelajaran guru melakukan refleksi, benahi dan mempunyai rencana supaya peserta didik aktif dalam pembelajaran, agar kelas tetap kondusif saat pembelajaran berlangsung, guru juga harus tegas dalam pembinaan pada saat mengajar. Jika peserta didik kesulitan dalam pembelajaran kontrol bola, maka tugas guru adalah untuk membimbing, memberi motivasi dan memberi dorongan. Apabila pada awal pembelajaran siswa tidak dapat melakukan kontrol bola dengan baik maka harus dilakukan gerakan atau praktek secara berulang-ulang kali sehingga mereka paham dan mengerti dalam melakukan kontrol bola. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teknik mengontrol sepak bola di SD GMIT Airnona 1 Kupang berlangsung dengan baik dan siswa menjadi aktif dan kreatif. Simpulan: Peneliti disimpulkan bahwa Data hasil Tinjauan pembelajaran teknik mengontrol sepak bola pada siswa kelas IV SD GMIT Airnona 1 Kupang masih kurang efektif karena masih terdapat beberapa hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran berlangsung dikarenakan ada beberapa siswa yang belum bisa melakukan kontrol bola dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, teknik dasar, mengontrol sepak bola.
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:00
Last Modified: 13 Jun 2023 02:00
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item View Item