PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN VERBAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VIII DI SMP ANGKASA.

NUNU, Novita Ngura (2023) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN VERBAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VIII DI SMP ANGKASA. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (592kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari pemberian penguatan verbal pada saat pembelajaran berlangsung terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto dengan desain regresi yaitu mencari pengaruh variabel pemberian penguatan verbal (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Angkasa Kupang. Dari 30 populasi di SMP Angkasa, dipilih sebanyak 30 orang siswa kelas VIII sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif dan s ignifikan pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Angkasa Kupang. besarnya nilai koefisien korelasi yang dilambangkan dengan R yaitu sebesar 0.955. Sedangkan besarnya persentase (%) pengaruh yang ditimbulkan variabel bebas (pemberian penguatan verbal) terhadap variabel terikat (motivasi belajar siswa) yang dilambangkan dengan R square (R2) yaitu 0.911, artinya bahwa pengaruh variabel pemberian penguatan verbal (X) terhadap variabel, motivasi belajar siswa (Y) adalah sebesar 91.1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari yang diteliti. Jadi, konstribusi pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa sebesar 91.1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, penguatan verbal, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:58
Last Modified: 07 Jun 2023 02:58
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2315

Actions (login required)

View Item View Item