BANA, Erti Unriani (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SELAMA MASA PENDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PAK DI SMP NEGERI 10 KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
03. BAB 1.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text
06. BAB 1V.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
Abstract
Masalah kemandirian peserta didik dapat dilihat dari fenomena-fenomena yang sangat membutuhkan perhatian di dunia pendidikan. Fenomena yang terjadi dalam konteks belajar adalah peserta didik yang kurang mandiri dalam belajar, masih rendahnya kesadaran siswa dalam belajar. Masih banyak siswa yang hanya belajar belajar ketika ada tugas sekolah yang diberikan oleh guru dan ketika ada ulangan saja. Masalah lain yang muncul yaitu tugas banyak dikerjakan disekolah, dan masih bergantung pada temannya, kurang aktif dalam belajar, rendahnya rasa percaya diri pada siswa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pesngaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa selama masa pendemi covid-19 pada matapelajaran PAK di SMP Negeri 10 Kota Kupang? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa selama masa pendemi covid-19 pada matapelajaran PAK di SMP Negeri 10 Kota Kupang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Expost Fakta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi yaitu penulis membagikan pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawab setiap pertanyaan yang diberikan sesuai pengalaman yang meraka alami dilapangan. Selanjutnya, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripti dan Analisis statistik inferensial teknik ini yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari siswa. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 10 Kupang yang berjumlah 984 orang dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID yang beragama Kristen Protestan yang berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil diketahui bahwa variabel kemandirian belajar (X) sebesar 75,944 artinya jika kemandirian belajar mengalami kenaikan 1 maka prestasi belajar (Y) mengalami peningkatan sebesar 0,031. Maka Nilai (Rsquare) yang diperoleh sebesar 0,02. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa besarnya persentase pengaruh antara variabel kemandirian belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 20 %. Adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan antara lain Bagi kepala sekolah dan guru Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagai Kepala Sekolah dan Guru tentang arti penting kemandirian belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah serta memberikan masukan yang bermanfaat untuk memperhatikan tingkat kemandirian belajar siswa di sekolah. Bagi siswa Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih tekun belajar dan menjalin hubungan baik dengan orang tua di rumah dan sebagai motivasi untuk mencapai prsetasi yang baik di sekolah dan tidak akan mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan. Dan bagi orang tua Peneliti ini di harapkan dapat menjadi masukan bagi para orang tua dalam memperhatikan anak karena melalui orang tualah anak dapat ajaran sepenuhnya. Melalui hasil penelitian ini di harapkan refrensi bagi mahasiswa atau pihak lain yang ingin mengadakan penelitian yang sejenis. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar , dan Pendemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar, Dan Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 01:57 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 01:57 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |