UPA, Paulina (2022) ANALISIS PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN UMKM KOTA KUPANG: (STUDI KASUS PADA UMKM ENSIKEI KOTA KUPANG). Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
Kinerja pemasaran merupakan konsep untuk mengukur prestasi pasar suatu produk. Setiap perusahaan berkepentingan untuk mengetahui prestasi pasar dari produk-produknya, sebagai cermin dari keberhasilan usahanya di dunia persaingan bisnis. Selain itu kinerja perusahaan dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu secara internal dan eksternal. Kinerja pemasaran adalah merupakan konsep untuk mengukur prestasi pasar suatu produk. Setiap perusahaan berkepentingan untuk mengetahui prestasi pasar dari produk-produknya, keberhasilan kinerja pemasaran tercermin dari keberhasilan usahanya di dunia persaingan 9 bisnis. Disamping itu ukuran keberhasilan kinerja pemasaran juga dapat dilihat dari tingkat keberhasilan produk baru yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut kinerjanya semakin baik. Strategi pemasaran merupakan sebuah pola pikir yang digunakan untuk mengembangkan suatu bisnis atau perusahaan. Adapun cara yang digunakan adalah dengan menyatukan beberapa unsur pemasaran seperti segmentasi pasar, bauran marketing, posisi, sasaran dan sebagainya. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran Umkm Kota Kupang. Strategi produksi dan pemasaran merupakan faktor penting dalam mengoptimalkan efisiensi UMKM. Namun, pelaku UMKM mengalami penurunan permintaan yang dramatis selama pandemi Covid-19. Salah satu faktor yang mengalami penurunan adalah produksi. Hal ini disebabkan produksi merupakan kegiatan membuat sesuatu, baik itu jasa maupun karya tentu harus bertolak pada 5 efisiensi dan efektifitas dengan menggunakan tenaga mesin atau karya tangan asli. Bila saja hasil sebuah produksi itu tidak baik secara mutu maka tentunya akan berdampak pada kurang minatnya konsumen saat didagangkan. Strategi pemasaran memmiliki fungsi penting karena membantu menilai nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga produk maupun jasa (Lestari 2019). Strategi pemesaran merupakan pendekatan utama yang dapat digunakan unit bisnis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, antara lain keputusan kunci mengenai pasar sasaran, positioning pasar barang, bauran pemasaran dan besarnya biaya pemesaran yang dibutuhkan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa konsep strategi pemesaran meliputi proses pengambilan keputusan mengenai biaya pemesaran, bauran pemasaran, distribusi biaya pemesaran dalam kaitannya dengan kondisi lingkungan dan kondisi persaingan yang diperkirakan. Kinerja pemasaran adalah merupakan konsep untuk mengukur prestasi pasar suatu produk. Setiap perusahaan berkepentingan untuk mengetahui prestasi pasar dari produk-produknya, keberhasilan kinerja pemasaran tercermin dari keberhasilan usahanya di dunia persaingan bisnis. Disamping itu ukuran keberhasilan kinerja pemasaran juga dapat dilihat dari tingkat keberhasilan produk baru yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut kinerjanya semakin baik. Kinerja pemasaran merupakan tolak ukur keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produknya di pasar. Pada penelitian ini, objek yang peneliti teliti adalah pada Ensikei kupang dengan jumlah sampel yang layak untuk penelitian ini adalah sebanyak 96 orang responden. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial terdapat strategi pemasaran . Hal ini dibuktikan dengan perolehan uji di ketahui variabel strategi pemasaran (X) memiliki nilai t hitung 29.206 sehingga dapat di simpulkan bahwa H0 di tolak dan Ha di terima artinya ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel strategi pemasaran (X) terhadap variabel kinerja pemasaran(Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Kinerja Pemasaran |
Subjects: | Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 04:13 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 04:14 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1342 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |