AMTIRAN, Yancerina (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 KOTA KUPANG TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (534kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
03. BAB 1.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
04. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
![]() |
Text
05. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
![]() |
Text
06. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
![]() |
Text
07. BAB 5.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (58kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini ada untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti siswa di kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Kupang Di SMP Negeri 10 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji data menggunakan spss 16.0 dengan dua variabel yaitu pembelajaran online dan prestasi belajar siswa dan 3 aspek yaitu penguasaan jenis aplikasi, aktivitas pembelajaran dan skor kognitif untuk mencari seberapa besar pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi siswa. Sampel dalam penelitian Ini adalah siswa di kelas VIII Dengan Jumlah 40 Orang. Teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah berupa koesioner dan nilai siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah teknik Uji –t. Hasil dari uji ttabel dari kelas VIII adalah uji t dua ekor. Berdasarkan tabel student t, pada dk = (40+ 40 – 2) =78, dan taraf signifikansi α = 0,05 untuk uji t dua ekor diperoleh uji hipotesis t hitung 3,48 dan t tabel 1,665. Dengan demikian diketahui bahwa t hitung 3,48 ˃ t tabel 1,665 .Dari ketentuan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya ada pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa pendidikan agama Kristen dan budi pekerti SMP Negeri 10 Kota Kupang, tahun 2020 - 2021. kesimpulan dari penelitian adalah berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran online dengan prestasi belajar siswa dari jumlah siswa 40 rang variabel X dan Y adalah < 00,5 dapat dilihat dari nilai rhitung dan rtabel didapat hasil bahwa nilai rhitung 3,48 > nilai rtabel 1,665. Berdasarkan penelitian ini maka diberikan saran sebagai berikut : Bagi guru.agar guru dapat mempelajari media online yang ada melalui aplikasi yang mudah dipahami dan oleh guru-guru juga,Bagi siswa agar siswa dapat mempelajari aplikasi-aplikasi yang ada agar dapat menggukanakannya saat proses pembealajaran online,Bagi peneliti peneliti sangat mengharapakan penelitian ini dijadikan salah satu referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran agama Kristen dan budi pekerti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Online, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 02:07 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 02:07 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |