SAMOY, Irwanto Haryadi (2019) TINJAUAN TENTANG KOMPETENSI SOSIAL GURU PENJASORKES DI SMP DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJASORKES (STUDI DI SMP NEGERI 6 KOTA KUPANG KECAMATAN ALAK). Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
a. Cover dll.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
c. Bab I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
d. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
e. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
f. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
g. Bab V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
h. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kompetensi sosial guru penjasorkes dalam pelaksanaan pembelajaran penjasorkes di SMP Negeri 6 Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi, wancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. guna mengetahui kompetensi sosial Guru penjasorkes SMP Negeri 6 Kota Kupang telah dilakukan wawancara secara intensif terhaap 16 orang informan. Terdiri dari 3 orang Guru penjasorkes, 1 orang Kepala Sekolah, 1 orang wakil kepala sekolah kurikulum, 2 orang guru non-penjasorkes, 4 orang siswa, 2 orang tua siswa, dan 2 orang tokoh masyarakat selain itu kepada informan penelitian telah di sebarkan daftar pertanyaan yang berisi 14 butir pertanyaan dan diketahui bahwa jawaban informan bervariasi. 1). Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi sosial Guru Penjasorkes dari aspek sikap sosial terkait dengan 4 hal penting yakni: 1) Sikap sosial Guru Penjasorkes terhadap peserta didik. Jawaban informan untuk kompetensi ini adalah (56,25%); 2) Sikap sosial Guru Penjasorkes terhadap teman sejawat. Jawaban informan untuk kompetensi ini adalah (50,00%); 3) Sikap sosial Guru Penjasorkes terhadap lingkungan sekitar Jawaban informan untuk kompetensi ini adalah (50,00%); 4) Sikap sosial Guru Penjasorkes terhadap orang tua peserta didik. Jawaban informan untuk kompetensi ini adalah (56,25%). 2). Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi Sosial dari aspek komunikasi sosial terkait dengan 3 hal yakni: 1) Komuniksi Guru Penjasorkes dengan teman sejawat. Jawaban informan untuk kompetensi ini adalah (56,25%); 2) Komunikasi Guru Penjasorkes dengan orang tua peserta didik tentang kemajuan belajar peserta didik. Jawaban informan untuk kompetensi ini adalah 81,25%); 3) Komunikasi Guru Penjasorkes dengan orang tua peserta didik dalam hal mengatasi kesulitan belajar siswa. Jawaban informan untuk kompetensi ini adalah (50,00%). 3). Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi Sosial Guru Penjasorkes dari aspek adaptasi sosial terkait dengan 2 hal yakni: 1) Pengembangan diri di tempat tugas. Jawaban informan untuk kompetensi ini adalah (43,75%); 2) Peningkatan kualitas pendidikan menghendaki. Jawaban informan untuk kompetensi ini adalah (37,50%). 4). Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi Sosial Guru Penjasorkes dari aspek pengembangan profesi di tempat tugas terkait dengan 2 hal yakni: 1) Pengembangan kualitas pembelajaran melalui media. Jawaban informan untuk kompetensi ini adalah (37,50%); 2) Pengembangan profesi melalui inovasi. Jawaban informan untuk kompetensi ini adalah (62,50%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tinjauan, kompetensi sosial, Guru penjasorkes, pembelajaran Penjasorkes |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:21 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:21 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |