PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KANCING GENETIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT DI SMP NEGERI 3 AMABI OEFETO TIMUR SATAP TAHUN AJARAN 2021/2022

SAILANA, Mery Krisna (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KANCING GENETIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT DI SMP NEGERI 3 AMABI OEFETO TIMUR SATAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Amabi Oefeto Timur Satap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kancing genetika pada materi pewarisan sifat terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group prettest and posttest design. Populasi seluruh siswa kelas IX berjumlah 14 siswa yang terdiri dari satu kelas dan yang menjadi sampel adalah keseluruhan anggota populasi yang berada di kelas IX yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Data hasil belajar siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS For Windows versi 25.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Thitung>Ttabel atau 6.891>2,160 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada prettest dan posttest. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman siswa mengenai pentingnya belajar membuat siswa menyadari bahwa untuk mendapatkan keberhasilan perlu adanya ketertarikan dalam memahami suatu konsep dalam pembelajaran, selain itu juga dapat dilihat dari sikap siswa yang berantusias dalam belajar dan memiliki rasa ingin tahu. Hal ini dikarenakan media kancing genetika merupakan salah satu media yang mempermudah siswa untuk lebih cepat memahai materi khususnya pada materi pewarisan sifat sehingga dapat memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat presentase hasil belajar siswa pada hasil posttest lebih tinggi dari hasil prettest yaitu pada prettest C1 49,20%, C2 54,24% dan C3 54,54%, sedangkan pada posttest C180,15%, C2 86,07%, dan C3 83,15%. Hal ini dikarenakan setelah media kancing genetika diajarkan siswa lebih aktif untuk melihat dan mendengarkan apa yang diajarkan guru serta siswa juga lebih aktif mencari tau sendiri tentang konsep-konsep pentingg dalam pembelajaran sehingga siswa lebih mudah mengingat, memahami dan menerapkan apa yang ditemukan dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media kancing genetika terhadap belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Media Kancing Genetika, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:42
Last Modified: 19 Jul 2022 01:42
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item