ABUK, Maria Demetriana (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII SMP NEGERI 3 AMARASI SELATAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
3 BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
![]() |
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
![]() |
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
|
![]() |
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
|
Text
7 BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) Hubungan Antara Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA, (b) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA, (c) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Amarasi Selatan. Jenis penelitian ini bersifat korelasi. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII sebanyak 30. dan orang tua siswa sebanyak 30. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas VIII yang berjumlah 15, dan orang tua siswa yang berjumlah 15. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi dengan menggunakan dua jenis yaitu analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Berdasarkan Hasil Analisis Data menunjukkan Terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA diperoleh rhitung =0,588 > rtabel = 0.440. Terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA diperoleh rhitung = 0,475 > rtabel = 0.440. Terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA diperoleh rhitung = 0.480 > rtabel = 0.440. Berdasarkan Hasil Penelitian menunjukkan Ada hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar karena adanya dorongan,harapan dan cita-cita, hasrat dan keiginan dalam belajar, sehingga siswa tidak mudah putus asa dalam belajar dan dapat menyelesaikan masalah sendiri. Ada hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar karena adanya komunikasi antara orang tua dan anak, adanya nasehat dan bimbingan dari orang tua,adanya pujian dan penghargaan, sehingga siswa lebih giat dalam belajar dan mencapai hasil belajar yang baik. Ada hubungan motivasi belajar siswa dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar, karena adanya motivasi yang tinggi dan pola asuh yang baik maka hasil belajar siswa semakin tinggi. Sebaliknya jika motivasi belajar siswa rendah dan pola asuh yang kurang baik maka hasil belajar siswa pun semakin rendah. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber untuk mengembangkan kualitas sekolah yang berhubungan dengan motivasi belajar siswa, pola asuh orang tua, dan hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 05:15 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 05:15 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |