SUNBANU, Isterina Apriyani (2025) ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA DI SMAS KRISTEN TARUS TENGAH. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
1 COVER.pdf Download (825kB) |
|
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
|
|
Text
3 BAB I.pdf Download (154kB) |
|
|
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
|
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
|
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text
7 BAB V.pdf Download (89kB) |
|
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
Abstract
Sekolah harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai sehingga proses pembelajaran akan berhasil apabila ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai di sekolah, salah satunya ada laboratorium IPA. Laboratorium IPA merupakan sebuah ruangan, lingkungan atau lembaga tempat peserta didik belajar serta mengadakan percobahan yang berhubungan dengan ilmu biologi,fisika dan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengelolaan laboratorium IPA di sekolah sebagai dasar pengembangan model pengelolaan laboratorium untuk menunjang pembelajaran biologi. Subjek penelitian ini adalah kepala laboratorium, 2 orang Guru Biologi, dan 6 orang siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh, keempat aspek pengelolaan laboratorium, a) Perencanaan di SMAS Kristen Tarus Tengah belum terlaksana dengan baik, termasuk ketidakadaan program tahunan, SOP, dan sistem administrasi. Guru Biologi berupaya membuat LKPD sebagai panduan pelaksanaan praktikum, penjadwalan praktikum disesuaikan dengan jadwal kegiatan belajar mengajar dan di sesuaikan dengan materi. b) Pengorganisasian terlihat bahwa laboratorium tidak memiliki struktur organisasi khusus, yang menjadi penyebab utama yang dihadapi oleh kepala laboratorium. c) Pelaksanaan menunjukkan bahwa telah dilaksanakan namun belum optimal. Persiapan alat dan bahan untuk praktikum oleh guru mata pelajaran. d) Pengawasan dan evaluasi juga belum dilakukan secara terstruktur, sehingga mengakibatkan pengawasan pengelolaan laboratorium di sekolah belum tercapai secara efektif. Kesimpulan dari ke empat tahapan ini laboratorium IPA di SMAS Kristen Tarus Tengah, belum optimal, kurangnya kegiatan memonitori dan mengevaluasi laboratorium IPA yang juga belum terlaksana dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sistem Pengelolaan, Laboratorium IPA, Administrasi Laboratorium |
| Subjects: | L Education > Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 05:34 |
| Last Modified: | 20 Dec 2025 05:34 |
| URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
