PENGARUH GENDER DAN KEMAMPUAN AKADEMIK TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UKAW

RUNESI, Yunita Eki (2025) PENGARUH GENDER DAN KEMAMPUAN AKADEMIK TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UKAW. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text
3.BAB I.pdf

Download (652kB)
[img] Text
4.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
5.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
6.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7.BAB V.pdf

Download (662kB)
[img] Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gender dan kemampuan akademik terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pentingnya literasi keuangan dalam pengelolaan keuangan pribadi, terutama bagi mahasiswa yang sedang berada dalam masa transisi menuju kedewasaan dan mulai mengelola keuangannya sendiri. Mahasiswa sebagai bagian dari kelompok intelektual seharusnya memiliki kemampuan akademik dan pola pikir yang baik dalam pengambilan keputusan finansial yang bijak. Namun demikian, dalam praktiknya masih banyak mahasiswa yang menghadapi berbagai kendala dalam mengelola uang secara efektif dan efisien, yang pada akhirnya berdampak pada kondisi keuangan pribadi mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 93 mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UKAW angkatan 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria bahwa mahasiswa telah menempuh mata kuliah Akuntansi Keuangan dan Manajemen Keuangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 27, meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), serta analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh simultan dan parsial dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gender berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan karakteristik perilaku keuangan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Secara umum, mahasiswa perempuan cenderung lebih berhati-hati dan terencana dalam mengatur keuangan pribadi dibandingkan dengan mahasiswa laki-laki yang cenderung lebih bebas dan berani mengambil risiko. Hal ini sejalan dengan teori gender yang menyebutkan bahwa peran sosial dan budaya membentuk perbedaan pola pikir dan perilaku antara laki laki dan perempuan, termasuk dalam pengambilan keputusan finansial. Hasil analisis variabel kemampuan akademik menunjukkan bahwa kemampuan akademik berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Mahasiswa dengan indeks prestasi akademik (IPK) yang tinggi cenderung memiliki keterampilan kognitif atau berpikir yang lebih baik dalam memahami konsep keuangan, menyusun perencanaan keuangan, dan membuat keputusan finansial yang rasional. Hasil penelitian ini diperkuat oleh teori Theory of Planned Behavior yang menyatakan bahwa perilaku individu dipengaruhi oleh niat dan persepsi kontrol terhadap perilaku tersebut, yang salah satunya terbentuk melalui kemampuan akademik. Berdasarkan hasil uji determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,538, dapat disimpulkan bahwa gender dan kemampuan akademik secara bersama-sama mampu menjelaskan sebesar 53,8% variabel perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gender, kemampuan akademik, perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa.
Subjects: Economic > Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 17 Dec 2025 04:20
Last Modified: 17 Dec 2025 04:20
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5848

Actions (login required)

View Item View Item