IDENTIFIKASI PENYEBAB KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 8 KOTA KUPANG SEMASA PANDEMI COVID-19

BENU, Meimi Luiza (2021) IDENTIFIKASI PENYEBAB KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 8 KOTA KUPANG SEMASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img]
Preview
Text
06. BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam kegiatan pembelajaran selalu melibatkan dua perilaku aktif, yaitu guru dan peserta didik, dan dalam proses pembelajaran di sekolah baik guru maupun peserta didik, pasti mengharapkan agar mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Kesulitan belajar juga di alami dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pandemi covid-19 merenggut banyak hal dan kemudian membentuk sebuah tatanan hal baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh setiap guru IPA dan peserta didik dan upaya guru IPA dan peserta didik mengatasi kesulitan dalam pembelajaran di SMP Negeri 8 Kota Kupang semasa pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi analisis kualitatif verifikatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan yang dialami oleh setiap guru IPA dan peserta didik dalam pembelajaran di SMP Negeri 8 Kota Kupang semasa pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu untuk pada guru IPA adalah persiapan, memahami kemampuan siswa, keterbatasan ekonomi pada siswa, fasilitas pendukung dan untuk pada peserta didik adalah minat, motivasi, cita-cita, peran guru, ketersediaan sarana dan prasarana, lingkungan sosial di rumah dan upaya guru IPA dan peserta didik mengatasi kesulitan dalam pembelajaran di SMP Negeri 8 Kota Kupang semasa pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu guru memaparkan metode evaluasi dan memberi tugas tambahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Penyebab Kesulitan, Pembelajaran IPA, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 13 Jul 2022 23:17
Last Modified: 13 Jul 2022 23:17
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item