ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 KUPANG TENGAH

META, Rissa Madina (2025) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 KUPANG TENGAH. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola kelas pada proses pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Kupang Tengah. Subjek penelitiain inialah 38 siswa, 20 guru dan satu guru Biologi. Penelitian ini menggunakan metode deskripti fkualitatif, teknik pengumulan data dilakukan secara trigulasi (gabungan). Hasil penelitian tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas pada proses pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Kupang Tengah dinilai oleh siswa dan guru melalui 2 jenis indicator dan dibagi dalam beberapaaspek seperti menunjukkan sikap tanggap guru terhadap siswa, analisis angket siswa criteria kemampuan guru adalah baik dengan nilai persentase(84,38%) analisis angket guru criteria kemampuan guru adalah sangat baik dengan nilai persentase (89%) seperti siswa menghargai pendapat orang lain dan bekerjasama, mengalihkan perhatian siswa, analisis angket siswa criteria kemampuan guru adalah baik dengan nilai persentase (84,03%) analisis angket guru criteria kemampuan guru adalah sangat baik dengan nilai persentase (92%) seperti perhatian guru terhadap kegiatan siswa yaitu kegiatan kelompok dan individu, memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas, analisis angket siswa dan guru criteria kemampuan guru adalah sangat baik dengan nilai persentase siswa (87,54%) nilai persentase guru (86,33%) seperti petunjuk yang diberikan guru jelas dan mudah dipahami siswa, memberikan teguran kepada siswa, analisis angket siswa dan guru criteria kemampuan guru adalah sangat baik dengan nilai persentase siswa (93,15%) nilai persentase guru (87,33%) seperti guru menegur siswa yang mengganggu teman di kelas atau ribut, member penguatan terhadap siswa, analisis angket siswa dan guru criteria kemampuan guru adalah baik dengan nilai persentase siswa (82,80%) nilai persentase guru (85,33%) seperti guru memberikan pujian kepada siswa yang berprestasi, modifikasi tingkah laku siswa, analisis angket siswa criteria kemampuan guru adalah baik dengan nilai persentase (76,84%) analisis angket guru criteria kemampuan guru adalah sangat baik dengan nilai persentase (89,33%) seperti guru membantu siswa yang mengalami masalah belajar, pengelolaan kelompok, analisis angket siswa criteria kemampuan guru adalah baik dengan nilai persentase (84,38%) analisis angket guru criteria kemampuan guru adalah sangat baik dengan nilai persentase (92,33%) seperti siswa bekerja sama dan kolaborasi, mengidentifikasi dan memecahkan masalah, analisis angket siswa dan guru criteria kemampuan guru adalah sangat baik dengan nilai persentase siswa (90,78%) nilai persentase guru (88,5%) seperti guru bekerja sama dengan wali kelas dan orang tua untuk mengendalikan perilaku siswa yang menyimpang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan guru, Pengelolaan kelas, Indikator pengelolaan kelas
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 20 May 2025 05:03
Last Modified: 20 May 2025 05:03
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item