ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT SK LERIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD

LODOH, Garry F.R (2022) ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT SK LERIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
10 COVER GERI.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB 1 GERI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
13 BAB 2 GERI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
14 BAB 3 GERI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
15 BAB 4 GERI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
16 BAB 5 GERI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 DAFTAR PUSTAKA GERI.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Kondisi persaingan usaha dibidang kesehatan saat ini sangat ketat, oleh karena itu sebuah rumah sakit perlu mengetahui bagaimana kinerja rumah sakit secara lebih komprehensif dari berbagai sisi. Rumah Sakit SK Lerik sudah melakukan pengukuran kinerja keuangan, kinerja operasional serta kinerja mutu pelayanan dan manfaat bagi masyarakat, namun hal ini masih belum cukup karena banyak aspek-aspek penting yang jadi pemicu kinerja organisasi tidak terlihat dalampengukurankinerjatersebutdanpengukurankinerjatersebutmasihterpisah- pisah.BalancedScorecarddapatdigunakankarenadapatmenganalisiskinerjayang lebih menyeluruh dan komprehensif dalam kinerja organisasi. Oleh karena itu masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah menganalisis kinerja Rumah Sakit SK Lerik dengan menggunakan metode BalancedScorecard. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja rumah sakit melalui empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggaan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran diharapkan dapat membuat pengukuran kinerja di Rumah Sakit SK Lerik menjadi lebih baik dari yang ada sekarang. Data diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder Rumah Sakit SK Lerik. Pengukuran kinerja keuangan dilihat dari profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, aktivitas, efisiensi dan efektivitas. Perspektif pelanggan dilihat dari kepuasan pelanggan, retensi pelanggan, dan akuisisi pelanggan. Perspektif proses Bisnis Internal dilihat dari inovasi dan proses operasi. Sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari kepuasan karyawan, retensi karyawan dan produktivitaskaryawan Dari hasil penelitian dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat ditarik kesimpulan yaitu : perspektif pertumbuhan dan pembelajaran serta perspektif bisnis internal dianggap cukup baik , sedangkan untuk 2 perspektif lainnya yaitu perspektif pelanggan dan perspektif keuangan dianggap baik. Maka, Balanced Scorecard cocok untuk diterapkan pada Rumah Sakit SK Lerik karena Balanced Scorecard dapat memberikan gambaran yang lebih terstruktur dan menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Economic > Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:41
Last Modified: 28 Jul 2022 03:23
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item