LAKAPU, Denty C. A. (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMP NEGERI FAUTMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
10 COVER DENTI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
12 BAB I DENTI.pdf Download (124kB) | Preview |
|
![]() |
Text
13 BAB II DENTI.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
![]() |
Text
14 BAB III DENTI.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
![]() |
Text
15 BAB IV DENTI.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text
16 BAB V DENTI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA DENTI.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap pemahaman konsep siswa pada kelas VII SMPN Fautmolo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VII berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test tertulis. Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada hasil post test siswa kelas VIIA (kelas Eksperimen) menunjukan bahwa nilai dari 77-83 terdapat 11 siswa dengan persentase 44%. Dari nilai 84-89 terdapat 6 siswa dengan persentase 24%. Dari nilai 90-95 terdapat 12 siswa dengan presentase 32%. Pada hasil post test siswa kelas VIIB menunjukan bahwa nilai dari 70-75 terdapat 18 siswa dengan persentase 72%. Dari nilai 76-80 terdapat 5 siswa dengan persentase 20% dan dari rentang nilai 81-85 terdapat 8 siswa dengan persentase 8%. Dari hasil pengamatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, terlihat bahwa adanya peningkatan yang terlihat pada kelas eksperimen, dimana pemahaman konsep siswa mendapat persentase sebesar 84%, dan kelas kontrol 73 %. Perbedaan pemahaman konsep siswa ini karena pada saat guru menjelaskan materi siswa kelas eksperimen lebih aktif memperhatikan penjelasan guru karena siswa tertarik dengan suasana belajar yang baru yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Sedangkan pada kelas kontrol guru menjelaskan dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menggunakan rumus uji t dimana hasil analisis data pada perhitungan Indenpendent Samples Test menunjukkan pada sig (2-tailed) diperoleh nilai P= 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan H1 diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:16 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:16 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |