PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN E-COMMERCE LAZADA PADA MASYARAKAT KOTA KUPANG

ISABEL, Yunita Mau (2024) PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN E-COMMERCE LAZADA PADA MASYARAKAT KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Uninversitas Kristen Arta Wacana.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan e-commerce Lazada pada masyarakat Kota Kupang. Persoalan penelitian apakah kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan e-commerce lazada?, apakah kepercayaan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan e-commerce lazada?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan e-commerce lazada, untuk mengetahui pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap loyaitas pelanggan e-commerce lazada. Penentuan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Kupang yang pernah berbelanja online di e-commerce Lazada. Kemudian karena sampel populasi tidak diketahui maka penentuan sampel mrnggunakan rumus Rao Purba menghasilkan 96 orang jumlah responden masyarakat Kota Kupang yang pernah berbelanja di e-commerce lazada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan google form. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis linier berganda, Uji parsial (uji t), Uji simultan ( uji F), dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan nilai indeks jawaban responden variabel kepuasan pelanggan nilai indeks setiap indikator berkisar 50,2-65,5. Dengan jumlah dari seluruh indeks yaitu 180,8 dan nilai rata-rata indeks untuk variabel kepuasan pelanggan yaitu 60,26 yang berada dalam ketegori sedang, variabel kepercayaan pelanggan nilai indeks setiap indikator berkisar indeks 62,9-68,2. Dengan jumlah dari seluruh indeks yaitu 197,4 dan nilai rata-rata indeks variabel kepercayaan pelanggan yaitu 65,8 yang berada dalam kategori sedang. Variabel loyalitas pelanggan nilai indeks setiap indikator berkisar 61,9-67,1. Dengan jumlah dari seluruh indeks yaitu 259,4 dan nilai rata-rata indeks untuk variabel loyalitas pelanggan yaitu 64,85 yang berada dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil persamaan regresi linier berganda Y=3,436+ 0,758 X1+0,405 X2. Diketahui constanta regresi sebesar 3,436 sedangkan koefisien regresi b1 = 0,758, b2 = 0,405. Dengan demikian persamaan regresi linier berganda di atas maka dapat dijelaskan bahwa nilai constanta 3,436 artinya jika nilai kepuasan pelanggan (X1) dan kepercayaan pelanggan (X2) sama dengan nol, loyalitas pelanggan (Y) memiliki nilai sebesar 3,436. Sedangkan koefisien regresi (b1) sebesar 0,758 artinya jika kepuasan pelanggan mengalami kenaikan sebesar satu satuan , maka loyalitas pelanggan akan meningkat sebesar 0,587 satuan. Koefisien bernilai positif artinya terjadi pengaruh positif antara variabel kepuasan pelanggan (X1) dengan loyalitas pelanggan. Dan koefisien regresi (b2) sebesar 0,405 artinya kepercayaan pelanggan (X2) mengalami kenaikan sebesar satu satuan maka loylitas pelanggan (Y) akan meningkat sebesar 0,405 satuan. Koefisien bernilai positif artinya terjadi pengaruh positif antara variabel kepercayaan pelanggan (X2) dengan loylitas pelanggan (Y). Implikasi terapan berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti dapat mengemukakan beberapa masukan sebagai berikut: Dengan diketahui bahwa variabel kepercayaan pelanggan pada e-commerce lazada kategori baik dan terlihat bahwa indikator kepercayaan pelanggan mendapatkan respon yang baik, maka hal ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar meneliti lebih jauh tentang indikator kepuasan pelanggan pada indikator terpenuhnya harapan pelanggan, karena memiliki kategori sedang. Hasil peneitian ini membuktikan bahwa secara parsial kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan e-commerce lazada, secara parsial kepercayaan pelanggan beperngaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan e-commerce lazada dan secara simultan kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan berpengaruh secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan e-commerce lazada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan dan Loyalitas pelangan.
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:28
Last Modified: 09 Aug 2024 04:28
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4279

Actions (login required)

View Item View Item