SEUK, Mensiana (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENJUALAN KAIN TENUN IKAT PADA TOKO SINAR BARU KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
01. COVER.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
03. BAB I.pdf Download (146kB) | Preview |
|
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
|
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
|
Text
07. BAB V.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Dalam era pembangunan dewasa ini, pemerintah menekankan suatu strategi pembangunan yang berorientasi pada industrialisasi. Sektor industri di andalkan sebagai akselarasi pembangunan ekonomi,karenan industri mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat ke jenjang yang lebih tinggi, sebab sektor industri memperluas kesempatan kerja sehingga menampung banyak tenaga kerja dan menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan terjangkau daya beli masyarakat. Dengan di tunjang oleh peran pemerintah yang membidangi kegiatan industri rakyat seperti Departemen perindustrian dan perdangangandan swasta terkait lainnya maka kegiatan industri terus di tingkatkan. Mengacu pada peranan pemerintah dalam sektor diantaranya adalah indutri tenun ikat. Industri tenun ikat pada umumnya tidak membutuhkan dana yang besar dalam pengelolaannya, sebab bahan baku dapat diperoleh secara alamiah dari lingkungan sendiri dan juga dibelih pada toko atau kios terdekat atau yang harganya dapat dijangkau masyarakat. Dengan demikian maka produk tenun ikat dapat dihasilkan dalam jumlah tertentu untuk ditawarkan kepada konsumen. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dibahas mengenai penjualan produk kain tenun ikat. Menurut Abdullah dan Tantri (2016: 3) Penjualan adalah bagian dari promosi dan promosi adalah salah satu bagian dari keseluruhan sistem pemasaran. Penjualan adalah suatu proses pertukaran barang atau jasa antara penjual dan pembeli. Perlu untuk diketahu juga bahwa adapula faktor yang mempengaruhi penjualan diantaranya harga jual dan kualitas produk atau barang. Oleh sebab itu berdasarkan kajian empiris dan konseptual di atas, maka faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan yang layak untuk dikaji secara lebih mendalam dalam penelitian ini adalah faktor harga dan kualitas produk. Harga merupakan suatu nilai yang dibuat untuk menjadi patokan nilai suatu barang. harga cukup memiliki pengaruh yang besar terhadap penjualan , bagaimana yang telah dijelaskan dalam hukum permintaan “jika harga semakin murah maka maka barang yang diminta akan semakin banyak dan sebaliknya jika harga semakin mahal maka barang yang diminta semakin sedikit”. harga juga merupakan suatu penentu bagi permintaan barang dan untuk menentukan posisi persaingan penjualan dipasar. harga juga salah satu faktor penentu konsumen dalam mentukan suatu konsumen dalam menentukan suatu produk maupun jasa yang akan dibeli tersebut merupakan kebutuhan pokok lainnya, konsumen akan sangat memperhatikan harganya. pengusaha perlu memperhatikan hal ini, karena dalam persaingan usaha, harga yang ditawarkan oleh pesaing usaha, harga yang ditawarkan oleh pesaing biasa lebih rendah. Kualitas produk merupakan fokus utama dalam perusahaan, ualitas merupakan suatukebijakan penting dalam meningkatkan daya saing produk yang harus memberi kepuasan kepada konsumen yang melebihi atau paling tidak sama dengan kualitas produk dari pesaing. prusahaan harus benar-benar memahamiapa yang dibutuhkannkonsumen atas suatu produk yang akan dihasilkan. dengan demikian kualitas produk adalah suatu usaha untuk memenuhiataumelebihi harapan pelanggan, diamana suatu produk tersebut memiliki kualitas yang sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan,dan kualitas merupakan kondisi yang selalu berubahkarena selera atau harapan konsumen pada suatu produk selalu berubah, kualitas produk yang baik merupakan harapan konsumen yang harus dipenuhi oleh perusahaan, karena kualitas produk yang baik merupakan kunci perkembangan produktivitas perusahaan. Pada penelitian ini, objek yang peneliti teliti adalah pada Toko Sinar Baru Kupang dengan jumlah sampel yang layak untuk penelitian ini adalah sebanyak 96 orang responden. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial terdapat pengaruh harga terhadap penjualan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan uji t sebesar 0,003<0,05 dan thitung 3.101 > ttabel 1,661. Sedangkan terdapat pengaruh juga variabel kualitas produk terhadap penjualan Hal ini dibuktikan dengan perolehan uji t sebesar 0,000<0,05 dan thitung 6.523 > ttabel 1,661. Selain itu hasil analisis regresi juga menghasilkan persamaan Y = 24.692 + 0,321 X1 + 0,424 X2 + e yang artinya terdapat hubungan positif variabel harga dan kualitas produk terhadap penjualan. Hasil uji koefisien determinasi menghasilkan nilai R Square sebesar 0.513. Artinya bahwa sebesar 51,3% variabel Penjualan (Y) dapat dijelaskan oleh variabel Harga (X1), dan variabel Kualitas Produk (X2) Sedangkan selisihnya 48,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Kualitas Produk, dan Penjualan |
Subjects: | Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 04:40 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 01:50 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |