PENGARUH BAHAN AJAR DIGITALSOFTWARE 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DI SMPK SANTA MARIA ASSUMPTA KUPANG TAHUN AJARAN 2023/2024

POTIMAU, Dian Mariana (2024) PENGARUH BAHAN AJAR DIGITALSOFTWARE 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DI SMPK SANTA MARIA ASSUMPTA KUPANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (382kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
7 BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penguasaan konsep siswa kelas IX SMPK Santa Maria Assumpta Kupang masih rendah salah satu penyebabnya adalah masih menggunakan bahan ajar konvensional sehingga siswa kesulitan memahami materi dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga cenderung membuat siswa pasif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bahan ajar digital software 3D pageflip professional terhadap penguasaan konsep siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control. Populasi seluruh siswa kelas IX berjumlah 92 siswa dan sampelnya adalah kelas IXA dan kelas IXB yang berjumlah 61 orang. Data penguasaan konsep diperoleh dengan tes, selanjutnya dianalisis menggunakan Uji t berbantuan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 8,848 lebih besar dari nilai T tabel 1,67109 dengan taraf signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa antara kelas yang menggunakan bahan ajar digital dan kelas yang menggunakan bahan ajar konvensional, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat dilihat pada persentase penguasaan konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu Indikator 1 (89 %) Indikator 2 (88%), Indikator 3 (76%) dan Indikator 4 (83%). Hal ini dikarenakan bahan ajar digital Software 3D Pageflip Professional adalah bahan ajar yang membuat peserta didik dapat termotivasi untuk mempelajari materi karena dalam bahan ajar digital memiliki vidio pembelajaran, gambar serta contoh soal yang membantu peserta didik untuk lebih memahami materi, sehingga siswa mampu menyajikan, mampu mengklasifikasikan dan mampu menghubungkan dan memberikan contoh apa yang ditemukan dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan bahan ajar digital software 3D pageflip professional terhadap penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar digital, software 3D pageflip professional, penguasaan konsep siswa.
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:49
Last Modified: 19 Jun 2024 03:49
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

View Item View Item