MONE, Maya Erlan (2022) PENGARUH AKUNTABILITAS TRANSPARANSI TERHADAP EFEKTIFITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS). Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (790kB) | Preview |
|
|
Text
03. BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
|
Text
07. BAB V.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh akuntabilitas dan transparansi terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dengan Partisipasi Stakeholder Sebagai Pemoderasi Pada SMP11 Kota Kupang. Tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk mengujipengaruhAkuntabilitas terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).dan (b) Untuk mengujipengaruh Transparansi terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Secara teoritis Akuntabilitas adalah bentuk kewajiban mempertanggung-jawabkann keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui suatu media pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik. Transparansi dalam penelitian ini adalah prinsip yang menjamin akses atau kebebasan bagi setiap orang untuk memperoleh informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan yakni informasi tentang kebijkan, proses pembuatan dan pelaksanaannya serta hasil hasil yang dicapai dan Efektifitas adalah unsur pokok untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditentukan di dalam setiap organisasi, kegiatan atau pun program. Populasi dalam penelitian ini adalah stakeholder eksternal dalam hal ini komite sekolah atau orang tua siswa SMP Negeri 11 Kota Kupang, sedangkan Sampel penelitian ini adalah komite sekolah dan orang tua murid sejumlah 30 responden. Penentuan jumlah responden menggunakan metode purposive random sampling, dimana kuisoner akan diberikan kepada responden yang kebetulan ditemui pada saat penelitian. Data penelitian ini dihimpun dengan memakai kuisiner berskala likert dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Analisis penelitian meliputi analisis pendahuluan untuk mendiskripsikan kondep berdasarkan indikator-indikator empirik dari masing-masing konsep. Analisis lanjutan menggunakan hasil analisis regresi untuk menjawab persoalan penelitian sekaligus untuk membuktikan hipotesis. Hasil p enelitian menunjukkan bahwa (1) akuntabilitas berpengaruh positif terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SMPN 11 Kota Kupang. Hasil tersebut mendukung penelitian yang dilakukan oleh Paulus (2009) maupun Anggraini (2013), dan (2) transparansi berpengaruh positif terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SMPN 11 Kota Kupang. Hasil tersebut mendukung penelitian yang dilakukan oleh Paulus (2009) maupun Anggraini (2013). Peneliti memberikan saran sebagai berikut (a) Penyelenggraa pendidikan di SMPN 11 Kota Kupang harus memperhatikan masalah akuntabilitas terutama terkait dengan tata kelola, tanggungjawab publik, rapat dengan seluruh staheholder, penyediaan informasi, pencapaian hasil kinerja, dan komitmen rencana kerja, (b) Penyelenggraa pendidikan di SMPN 11 Kota Kupang harus memperhatikan masalah transparansi khususnya dalam hal tujuan penggunaan dana BOS, pertimbangan penggunaan dana, efisiensi penggunaan dana, dan pengawasan penggunaan dana BOS”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akuntabilitas, Pengelolaan Dana Bantuan Operasional (BOS) |
Subjects: | Economic > Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 02:42 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 01:00 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |