PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI BAGI PERTUMBUHAN IMAN SISWA KELAS IV DI SD GMIT OESAPA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

MONE, Marles Monita (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI BAGI PERTUMBUHAN IMAN SISWA KELAS IV DI SD GMIT OESAPA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (422kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text
03 BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
07 BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk peran guru Pendidikan Agama Kristen Kristen dan Budi Pekerti Bagi Pertumbuhan Iman Siswa di SD GMIT Oesapa Kota Kupang. Metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual dan kelompok untuk mengumpulkan informasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru pengajar PAK. Teknik analisis data deskriptif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Bagi Pertumbuhan Iman Siswa Di Kelas IV SD Gmit Oesapa Kota Kupang Tahun pelajaran 2022/2023 (1) Mengajak siswa untuk berdoa dan membaca alkitab, (2) Siswa ditunjuk secara bergilir untuk memimpin doa dan membaca Alkitab, (3) Ibadah bersama dialakukan dua kali seminggu, (4) Mengadakan pengawasan siswa dalam beretika, berkarakter, dan bermoral, (5) Memberikan bimbingan khusus terhadap siswa, (6) Memberikan bimbingan rohani terhadap siswa agar bermoral dan berbudi pekerti, (7) Memberikan perhatian khusus bagi siswa yang imannya bertumbuh kurang baik. Penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam pembinaan dan pembentukan kepibadian siswa yang beriman melalui pendidkan Agama Kristen, akan memberi dampak dan berpengaruh dalam pertumbuhan terhadap Iman Anak sehingga anak-anak cenderung menjadi anak-anak yang suka berkelahi, menggannggu teman-teman saat berdoa, mengejek nama teman, menyontek dan lain sebagainya. Disarankan agar Guru PAK harus menjadi teladan bagi siswa-siswi serta bersahabat dengan siswa sebagai bagian dari pembentukan karakter siswa. Bagi siswa harus perhatian dengan baik apa yang guru PAK sampaikan agar dapat memahami materi dengan baik agar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAK, Pertumbuhan, Iman
Subjects: Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 06 Jun 2024 05:03
Last Modified: 06 Jun 2024 05:03
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item